DESFUMED, Tablet Salut Selaput Disloratadine

desfumed

Desfumed adalah tablet salut selaput yang mengandung desloratadine, setiap tablet desfumed mengandung desloratadine 5 mg. Desloratadine adalah trisiklik long action histamin antagonis dengan aktifitas antagonis dengan aktivitas antagonis histamin secara selektif pada HI-Reseptor. Desloratadine menunjukkan interaksi yang signifikan dengan histamin HI-reseptor pada manusia. Desloratadine juga mampu membantu menghambat pelepasan histamines dari sel mast manusia in vitro.

 

Desfumed digunakan pada pasien dewasa dan 12 tahun keatas, untuk menghilangkan gejala pada hidung dan bukan dari gejala rinitis alergi (baik musiman maupun sepanjang tahun). Selain itu, desfumed juga digunakan untuk mengatasi urtikaria idiopatik kronis, menghilangkan gejala pruritus, mengurangi jumlah dan ukuran hives. Perlu diketahui bahwa desfumed tidak boleh digunakan oleh pasien yang hipersensitif terhadap salah satu atau lebih kompone dalam obat ini. Sedangkan penggunaan desfumed pada anak-anak berusia dibawah 12 tahun belum dipublikasikan keamanan dan efektivitasnya. Untuk pasien usia lanjut, secara umum pemilihan dosis harus berhati-hati. Bagi wanita hamil hanya diberikan apabila memang jelas-jelas membutuhkan obat ini, sedangkan untuk ibu menyusui harus dipertimbangkan pentingnya obat tersebut karena deslotadine dapat masuk ke dalam ASI jadi ibu menyusui harus memilih antara berhenti menyusui ataukah menghentikan penggunaan desloratadine.

 

Dosis desfumed yang tepat adalah sesuai petunjuk dokter, biasanya desfumed diberikan 5 mg sekali sehari. Khusus pasien yang memiliki gangguan ginjal ataupun hati maka harus berhati-hati dalam menggunakan obat ini. Perlu diingat bahwa bila obat ini digunakan melebihi yang ditentukan maka dapat menyebabkan mengantuk dan terjadi peningkatan denyut jantung, oleh karena itu bila ingin menggunakan obat ini maka HARUS DENGAN RESEP DOKTER, oke!

 

Terdapat beberapa efek samping desfumed, diantaranya yaitu radang tenggorakan, mulut kering, pegal-pegal, lemas, nyeri saat haid, sakit kepala, pusing, mual dan dispepsia. Pernah dilaporkan peristiwa yang merugikan seperti takikardia, dan reaksi hipersensitivitas yang jarang terjadi misalnya ruam, pruritus, dispnea dan anafilaksis. Selain itu efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan obat ini yaitu kejang, hepatitis dan adanya peningkatan enzim hati termasuk bilirubin.

 

Penyimpanan desfumed, yaitu pada tempat yang bersuhu dibawah 30 derajat celcius, tentunya harus terlindung dari cahaya.

 

Disfumed diproduksi oleh Futamed pharmaceuticals, PT. Futamed Pharmaceuticals – Bogor – Indonesia.

Harga obat ini setiap daerah berbeda-beda, adapun HET yang tertera pada kemasan obat ini yaitu Rp. 100.375,-

Cukup sekian pembahasan singkat tentang obat desfumed, bila artikel ini bermanfaat maka sukai dan bagikan! Terima kasih

Reply