Tes Menggambar Pohon (Draw a Tree Test)

Dalam Buku All-New Diktat Psikotes Edisi Superlengkap, 2017 menjelaskan bahwa Tes Menggambar Pohon atau draw a tree test dikembangkan oleh Charles Koch, yaitu seorang psikolog dari Swiss. Tes menggambar pohon ini akan menilai karakter atau kepribadian seseorang melalui hasil dari analisis gambar pohon yang dibuatnya. Selain itu, menurut penelitian koch, tes ini juga dapat membantu menganalisis sejarah atau latar belakang seseorang.

Dalam mengerjakan tes menggambar pohon, tidak semua pohon boleh digambar. Terdapat beberapa kriteria seperti apa pohon yang digambar, salah satunya yaitu harus pohon berkayu, tidak diperbolehkan menggambar pohon jenis pinus, cemara, pisang, bambu, kelapa, beringin, randu dan rumput. Jadi, sebelum mengerjakannya selalu ikuti petunjuk penguji dan selalu bertanya bila belum jelas. Waktu yang disediakan untuk menggambar pohon sekitar 10 menit. Ingat! Selalu gunakan waktu semaksimal mungkin.

Simaklah video tips dan trik menggambar pohon berikut ini:

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya tidak ada yang benar ataupun yang salah dalam mengambar pohon pada tes ini. Akan tetapi, sebaiknya bila ingin menggambar maka gambarlah pohon disesuaikan dengan tujuan anda mengikuti tes tersebut. Agar dapat membantu dalam menentukan pohon yang sebaiknya anda gambar dalam mengerjakan tes ini. Maka pelajari dulu makna dari tiap bagian pada tes ini.

Ukuran Pohon.
Bila pohon yang digambar besar menunjukkan sifat yang pede, tetapi cenderung serakah dan sering melakukan kesalahan. Sedangkan bila pohon yang digambar kecil menunjukkan sifat yang sederhana, cermat dan hemat. Akan tetapi, justru menunjukkan sifat tidak percaya diri atau minder.

Posisi Pohon.
Dalam menggambar pohon pada kertas terdapat beberapa posisi diantaranya di tengah, di atas, di bawah dan menyilang. Bila menggambar pohon di tengah maka menggambarkan orang yang penuh persiapan dan hati-hati dalam menjalami sesuatu.

Bentuk Pohon.
Bila menggambar pohon yang tinggi menunjukkan bahwa memiliki pemikiran dan berkeinginan yang tinggi pula. Selain pohon yang tinggi, anda juga dapat menggambar pohon yang meruncing, tertiup angin, pendek dan lebar.

Batang Pohon.
Bila menggambar batang pohon yang lurus mencerminkan orang yang harus menyiapkan terlebih dahulu sebelum mengeksekusi sebuah tindakan. Selain batang pohon yang lurus, anda juga dapat menggambar batang pohon yang ramping, lebar dan kokoh. Adapun kondisi batang tersebut itu bersih menunjukkan bahwa puas dan menikmati kehidupan saat ini dan sebaliknya. Bila perlu anda juga dapat menambahkan lubang pada batang tersebut.

Akar Pohon.
Bila menggambar pohon disertai akar menunjukkan masa kecil yang bahagia. Sedangkan bila menggambar pohon tanpa akar mencerminkan seseorang yang fokus dengan masa depan dan cenderung mandiri.

Peletakan Pohon.
Bila menggambar pohon tertanam di tanah maka mencermirkan orang yang membutuhkan perlindungan atau rasa aman. Tak perlu bingung, dalam menggambar pohon tidak harus tertanam di tanah tetapi bisa mengambang, bahkan diletakkan di sebuah pot atau suatu lembah.

Daun dan Ranting Pohon.
Terdapat beberapa penggambaran daun dan ranting seperti gula kapas, bundar, tanpa daun, banyak lekukan, ranting cenderung naik atau pohon tanpa ranting dan daun. Bila anda menggambar daun dan ranting pohon bundar dan simpel menunjukkan orang yang cenderung tertutup dan mempunyai banyak rahasia yang disimpan.

Detail Gambar.
Dalam penggambaran ada yang membuat banyak detail, tetapi ada juga yang menggambar beberapa garis penting. Untuk yang menggambar beberapa garis cenderung membiarkan orang lain yang melakukannya. Sedangkan yang menggambar dengan banyak detail malah menunjukkan orang yang fokus pada suatu hal yang menjadi tugasnya.

Garis Gambar.
Ada beberapa kualitas garis pada gambar, diantaranya tebal, penuh penekanan dan garis tipis. Bila menggambar pohon dengan tebal dan penuh penekanan, hal ini mencerminkan orang yang yakin dengan kemampuan diri sendiri. Sedangkan bila menggambar pohon dengan garis tipis maka mencerminkan seseorang yang lembut dan halus.

Arsiran Gambar.
Dalam memberikan pencahayaan pada gambar, kalian dapat memberikan arsiran pada pohon atau pada bagian tertentu bahkan tidak diberikan arsiran juga tidak masalah. Bila menggambar dengan memberikan arsiran maka mencerminkan seseorang yang memiliki sifat yang serius. Bila tanpa arsiran menunjukkan seseorang yang tidak memiliki beban pikiran dan cenderung santai.

Gambar Lain di Sekitar Pohon.
Bila terdapat gambar lain misalnya buah, rumput, bunga, matahari, awan, burung bahkan manusia sekalipun. Biasanya gambar bertujuan untuk menambah suasana gambar agar lebih menarik, hal ini menunjukkan seseorang yang memperhatikan hal-hal disekitarnya. Tentu bentuk gambar yang melengkapi memiliki arti masing-masing.

Sekali lagi, kami sampaikan bahwa pada dasarnya tidak ada yang benar atau salah dalam proses penggambaran pohon.

Dan seperti biasa, bila bermanfaat maka sukai dan bagikan!

Reply