Obat inhipraz 30, untuk apa?

Inhipraz adalah merk dagang dari PT. Bernofram. Inhipraz 30 atau inhipraz kapsul 30 mg merupakan kapsul yang mengandung lansoprazole pellet yang setara dengan lansoprazole 30 mg. Lansoprazole adalah obat golongan penghambat pompa proton yang dapat bekerja secara spesifik untuk mengabat (H+/K+) ATP ase (pompa proton) dari sel pariental lambung, tahap akhir pada pembentukan asam. Selain itu, lansoprazole juga memperlihatkan biovailabilitas yang tinggi antara 80-90% pada pemberian dosis tunggal. Sebagai hasilnya penghambat asam yang efektif dicapai dengan cepat dalam 1,5 jam – 2 jam. Waktu paruh eliminasi berkisar antara 1 – 2 jam pada dosis tunggal atau dosis ganda pada subjek yang sehat. Dan belum pernah ada kasus akumulasi akibat dosis ganda pada subjek yang sehat. Sedangkan ikatan protein plasma sekitar 97%. Untuk informasi lebih lanjut tentang obat inhipraz 30, maka simaklah artikel berikut ini!

Tentang Obat Inhipraz 30.

Kandungan
  • Lansoprazole 30 mg.
Jenis
  • Penghambat pompa proton.
Golongan
  • Obat keras.
Bentuk
  • Padat
Cara Pemberian
  • Per oral
Cara Penyimpanan
  • Dibawah suhu 25 derajat Celcius.
  • Tempat yang kering.
Indikasi
  • Ulkus duodenum.
  • Ulkus gaster.
  • Refluk esofagitis.
Kontraindikasi
  • Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu atau lebih bahan obat ini.
Digunakan oleh
  • Dewasa.

 

Inhipraz 30 digunakan untuk mengobati ulkus duodenum, ulkus gaster yang tidak berbahaya, refluks esofagitis dan pengobatan ulkus gaster akibat penggunaan obat NSAID. Seperti umumnya pada pengobatan dengan anti-ulkus, kemungkinan terjadi keganasan harus disingkirkan bila dicurigai ulkus gaster karena pemberian obat akan meredakan gejala-gejala dan memperlambat diagnosis. Hati-hati bila obat ini diberikan pada pasien dengan disfungsi hati yang berat dan harus diperhatikan juga bahwa dosis tidak boleh lebih melebihi 30 mg sehari.

 

Dosis inhipraz 30 yang tepat adalah sesuai anjuran dokter. Adapun cara minum obat ini dengan menelan kapsul seluruhnya dengan air minum. Perlu diingat bahwa kapsul tidak boleh dihancurkan ataupun dikunyah. Biasanya lansoprazole diberikan sekali sehari pada pagi hari sebelum makan agar dapat mencapai efek penghambat asam yang optimal dan kesembuhan yang cepat dan hilangnya gejala-gejala. Meskipun belum ada laporan efek overdosis, bila terjadi efek karena overdosis maka segera dilakukan pengobatan simtomatik dan suportif.

 

Efek Samping Inhipraz 30 yang mungkin terjadi, diantaranya yaitu sakit kepala, pusing, lelah dan perasaan tak enak, nyeri perut, mual, muntah, kembung, mulut dan tenggorokan kering & sakit, diare, kolitis, hepatitis, ruam kulit, urtikaria, pruritis, nafas berbunyi, rambut rontok, mialgia, depresi, artralgia, penglhatan kabur, gangguan indera pengecap, vertigo, bingung dan halusinasi. Pada beberapa kasus terdapat beberapa gejala yang dapat diatasi dengan berhenti terapi.

Inhipraz 30 diproduksi oleh PT. Bernofarm – Sidoarjo, Indonesia. Harga inhipraz 30 berkisar Rp. 165.000,- (HET). Untuk informasi lebih lanjut dapat melalui email : info@bernofarm.com atau PO.BOX. 4037 JKP 10040

Reply