Mengapa Kita Harus Memiliki BPJS Kesehatan?

Saat ini ada banyak sekali jenis penyakit baru bermunculan. Meskipun beberapa ada yang tidak berbahaya, tetapi sebagai manusia kita wajib waspada. Mengingat biaya kesehatan yang semakin tahun semakin mengggunung, memiliki asuransi kesehatan tentu menjadi salah satu solusi terbaik.

Apalagi saat ini pemerintah telah mewajibkan seluruh warganya untuk memiliki BPJS Kesehatan. Sama halnya seperti asuransi kesehatan lainnya, BPJS menjamin berbagai layanan medis yang dibutuhkan sehingga kita tidak perlu khawatir soal biaya yang harus dikeluarkan.

Bedanya dengan asuransi swasta, biaya premi BPJS jauh lebih murah dan terjangkau. Murahnya iuran bulanan tersebut bukan tanpa alasan. Pemerintah negara kita berharap dengan diberlakukannya biaya premi rendah, seluruh lapisan masyarakat bisa menikmati layanan kesehatan yang dibutuhkan dengan mudah.

Meskipun diwajibkan dan memiliki premi yang rendah, ternyata di Indonesia masih banyak orang yang belum memanfaatkan asuransi BPJS. Padahal kesehatan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Jika Anda termasuk orang-orang yang masih ragu tentang manfaat asuransi ini, berikut merupakan beberapa alasan mengapa kita harus memiliki BPJS Kesehatan. Mari kita simak uraiannya!

1. Menanggung Berbagai Macam Masalah Kesehatan

Mengapa Kita Harus Memiliki BPJS Kesehatan?

Masalah kesehatan © pixabay.com

Berbeda dengan asuransi biasa yang hanya bisa diklaimkan untuk layanan kesehatan tertentu. Dengan BPJS Anda bisa mengklaimkan berbagai layanan dengan membayar satu macam premi saja. Mulai dari rawat inap, rawat jalan, biaya operasi berbagai penyakit, biaya melahirkan, periksa gigi, hingga pembiayaan optik semuanya ditanggung oleh BPJS.

Menurut situs resminya, hanya ada dua macam penyakit yang tidak ditanggung yaitu AIDS dan ketergantungan narkoba. Ini berarti ada sekitar 155 penyakit dengan kondisi tertentu yang bisa diklaimkan biaya pengobatannya ke BPJS.

2. Proses Pembuatan Kartu Asuransinya Sangat Mudah.

Mengapa Kita Harus Memiliki BPJS Kesehatan?

Kartu Asuransinya © dokternasir.web.id

Karena diwajibkan oleh pemerintah, BPJS tidak memberlakukan medical check up untuk orang-orang yang ingin menjadi peserta. Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan asuransi swasta yang menjadikan medical check up penentuan apakan seseorang bisa menjadi nasabah atau tidak.

Untuk mendaftar BPJS Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti fotokopi KK, KTP, buku tabungan, dan pas foto. Setelah persyaratan lengkap, calon peserta hanya perlu mengisi formulir secara online atau offline, lalu membayar iuran pertama.

Maksimal 6 hari kerja, Anda sudah bisa mendapatkan kartu peserta BPJS dan menggunakannya kapanpun saat dibutuhkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran, silahkan akses info BPJS di Traveloka.com atau situs resminya.

3. Iuran Bulanannya Rendah.

Mengapa Kita Harus Memiliki BPJS Kesehatan?

Iuran ©pixabay.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dibandingkan asuransi biasa biaya premi BPJS Kesehatan jauh lebih rendah. Untuk kelas 1 peserta harus membayar sekitar Rp80.000, kelas 2 sekitar Rp51.000, dan kelas 3 Rp25.500 per orang setiap bulannya. Cukup murah bukan? Mengingat fasilitas dan layanan kesehatan yang diberikan cukup lengkap.

Pembayaran iuran bulanan atau premi BPJS bisa Anda lakukan lewat transfer ATM atau setor tunai melalui 3 tiga bank pilihan yang sudah bekerja sama dengan BPJS yaitu BRI, BNI, dan Mandiri. Selain itu, Anda juga bisa mengecek tagihan sekaligus membayar premi melalui situs-situs pembayaran yang informatif dan terkenal seperti Traveloka.

4. Memiliki BPJS Berarti Membantu Orang Lain.

Dengan memiliki BPJS, secara tidak langsung Anda turut serta dalam pembiayaan layanan kesehatan untuk masyarakat tidak mampu. Mengapa bisa begitu? Karena di BPJS, dana yang dibayarkan setiap bulan tidak dikumpulkan untuk keperluan diri kita saja tetapi juga membiayai layanan kesehatan pengguna BPJS lainnya.

Hal ini sangat berbeda dengan asuransi biasa bukan? Karena jika menggunakan asuransi swasta, premiyang kita bayarkan setiap bulan baru akan keluar jika kita membutuhkan Jika tidak, dana tersebut akan dibiarkan mengendap sampai batas waktu tertentu.

5. Menggunakan BPJS Akan Membantu Program Pemerintah

Tujuan utama diwajibkannya BPJS adalah untuk menyetarakan kesempatan setiap lapisan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Jika mejadi peserta BPJS, kita bisa berpartisipasi dalam membantu program pemerintah sebagaimana amanat dasar negara yaitu Pancasila sile ke-4 yang berbunyi, “Keadilan sosial bagi seluruh Indonesia.”

Jadi, masih ragu untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan?

Kesehatan merupakan hal yang penting. Meskipun mencegah lebih baik daripada mengobati, tetapi ketika hal yang tidak terduga terjadi kita semua pasti menginginkan layanan kesehatan yang layak bagi diri sendiri maupun keluarga.

Reply