10 Mitos – Mitos Keguguran

PerawatanKesehatan.com – Diantara fakta-fakta seputar mitos keguguran , terutama di masyarakat luas ada banyak sekali mitos-mitos yang dapat menyebabkan keguguran. Berikut 10 mitos keguguran menurut tim perawatan kesehatan.

1. Makan Nanas.

 

  • Mitos : Mengkonsumsi nanas dalam bentuk buah segar/minuman jus, dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Hingga saat ini tidak ada data maupun penelitian ilmiah yang membuktikan kandungan senyawa di dalam buah nanas dapat menyebabkan keguguran. Justru di dalam buah nanas tinggi akan anti oksidan dan fitamin C serta fitamin A Yang sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Namun selain itu di dalam buah nanas terdapat kandungan senyawa yang bernama bromelin yang dapat melunakkan daging. Mungkin karena senyawa inilah yang di khawatirkan dapat melunakkan dinding rahim sehingga janin berisiko terlepas dan terjadilah keguguran. Kandungan senyawa bromelin di dalam buah nanas sangat kecil sehingga tidak akan langsung mengakibatkan keguguran. Tapi sebaiknya batasi konsumsi nanas selama hamil.

2. Tambalan Gigi.

  • Mitos : Selama hamil tambalan gigi ibu harus di keluarkan karena dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Yang di khawatirkan dapat menyebabkan keguguran adalah tambalan gigi yang mengandung logam berat merkuri yang bersifat karsinogenik (penyebab kanker). Namun saat ini tambalan gigi sudah tidak menggunakan bahan yang mengandung merkuri, sehingga tidak perlu dikeluarkan. Namun, bila anda harus menambal gigi saat hamil sebaiknya minta kepada dokter gigi untuk tidak melakukan penggunakan sinar-X maupun obat yang mengandung adrenalin. Karena kandungan adrenalin dalam obat dapat berpengaruh terhadap pembuluh darah dan mengurangi suplai kebutuhan janin.

3. Microwave.

  • Mitos : Ibu hamil yang sering mengolah makanan dengan menggunakan microwave berisiko lebih besar mengalami keguguran.
  • Fakta : Sejauh ini belum ada fakta maupun penelitian yang membuktikan kalau pengguanaan microwave oleh ibu hamil secara rutin dapat menyebabkan keguguran.Mungkin mitos ini di picu oleh isu yang menyebutkan bahwa radiasi microwave dapat memicu masalah pada perkembangan janin sehingga berisiko mengalami keguguran. Tapi isu tersebut tidak di dukung oleh hasil riset.

4. Naik pesawat.

  • Mitos : Berpergian dengan menggunakan pesawat terbang dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Sampai sekarang masih belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa berpergian dengan menggunakan pesawat terbang saat hamil dapat menyebabkan keguguran. Sejauh ini tekanan udara di dalam kabin pesawat aman buat janin. Namun mengingat ke proses persalinan dapat terjadi setiap saat pada kehamilan trimester ke -3 sebaiknya saat memasuki bulan ke-9 kehamilan tidak melakukan perjalanan dengan pesawat dan ada literatur yang menyarankan agar ibu hamil menggunakan stocking untuk menghindari terjadinya trombosis atau penggumpalan darah di kaki. Selama di pesawat dalam perjalanan jarak panjang disarankan , untuk tidak duduk terus menerus selama lebih dari 4 jam.

5. USG (Ultrasonografi).

  • Mitos : Pemeriksaan ultrasonografi (USG) , apalagi USG 4D Bisa menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Belum ada bukti ilmiah pemeriksaan USG mengakibatkan keguguran.Pemeriksaan USG aman karena menggunakan gelombang suara sehingga tidak meningkatkan resiko keguguran.

6. Berhubungan badan.

  • Mitos : Berhubungan badan saat hamil dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Bagi ibu yang hamil normal dan tidak hamil kembar, orgasm3 sama sekali tidak mengakibatkan keguguran. Justru ada beberapa ahli menyatakan bahwa berhubungan badan yang di lakukan selama masa kehamilan dapat menurunkan resiko preeklamsia serta kehamilan lewat bulan, bila hubungan badan dilakukan secara teratur pada trimester ke -3. Beberapa ahli berpendapat kontraksi otot yang terjadi saat orgasm3 baik untuk merangsang aktivitas jantung janin.

7. Olah raga.

  • Mitos : Ibu hamil tidak boleh berolahraga karena dapat mengakibatkan keguguran.
  • Fakta : Olah raga ringan seperti senam, yoga, jalan kaki dan berenang yang dilakukan secara teratur dan dalam porsi yang cukup selama masa kehamilan tidaklah menyebabkan keguguran. Janganlah melakukan olah raga yang berat dan jangan memulai berlatih jenis olah raga baru yang belum pernah di lakukan sebelum hamil. Selama tidak ada keluhan mulas di bagian bawah perut dan tidak ada riwayat keguguran dan tidak memiliki mulut rahim yang lemah , olah raga tetap boleh di lakukan.

8. Mandi Air Panas.

  • Mitos :Mandi sauna atau pakai air panas dapat menyebabkan keguguran.
  • Fakta : Hingga saat ini masih belum ada hasil penelitian dari hal tersebut. Untuk menghindari janin merasa panas saat ibu hamil mandi sauna maupun air panas , batasi waktu mandi tidak boleh lebih dari 10 menit. Atur suhunya tidak lebih dari suhu tubuh untuk mencegah dehidrasi akibat banyak mengeluarkan keringat karena kepanasan.

9. Minum Kopi.

  • Mitos : Ibu hamil yang minum kopi beresiko keguguran.
  • Fakta : Minum kopi boleh saja di kalukan oleh ibu hamil namun Sebaiknya batasi minum kopi jangan sampai lebih dari 6 cangkir dalam sehari. ini juga berlaku untuk teh dan minuman yang mengandung cola. Sebenarnya kandungan kafein di dalam kopi tidak terlalu tinggi , sehingga konsumsi kafein sebanyak maksimal 600 mg/hari masih tergolong aman. Dampak kebanyakan minum kopi selama hamil yang pernah di laporkan adalah bayi lahir dengan berat badan lahir bayi rendah.

10. Komputer.

  • Mitos : Penggunaan komputer dapat memicu keguguran.
  • Fakta : Penggunaan komputer oleh ibu hamil , bahkan secara rutin seharian, terutama pada ibu hamil yang bekerja di kantor, tidak terbukti menyebabkan keguguran. Radiasi pada komputer amat sangat kecil sehingga tidak menimbulkan dampak pada janin maupun memicu terjadinya keguguran.

 

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 Perubahan tubuh selama hamil. Jakarta: Penerbit Puataka Kemang.2016

Reply