Penyakit Influenza (Flu)

penyakit influenzaPerawatanKesehatan.com – Influenza adalah suatu penyakit infeksi akut pada saluran pernafasan yang terutama ditandai dengan demam, menggigil, sakit otot, sakit kepala, sakit tenggorok, kadang-kadang disertai pilek dan batuk[1]. Penyakit influenza atau lebih dikenal dengan sebutan flu merupakan penyakit yang dapat menjalar dengan cepat di lingkungan masyarakat terutama pada anak-anak atau bayi. Influenza paling sering menyerang pada saat musim dingin atau musim hujan.

 

Pada umumnya influenza akan bertambah parah selama 2-7 hari, biasanya akan membaik dan sembuh sendiri. Bahkan tak sedikit orang yang menganggap penyakit ini bukanlah penyakit berbahaya yang harus mendapatkan penganangan medis. Tetapi faktanya tetap berbahaya karena dapat menimbulkan komplikasi yang serius. Terutama influenza pada ibu hamil yang dikhawatirkan dapat menggangu kandungannya.

 

Penyebab Influenza.

Influenza disebabkan oleh virus. Virus influenza yang saat ini dikenal terdapat 3 tipe, yaitu A, B, dan C. Influenza tipe A merupakan virus penyebab penyakit influenza yang sifatnya wabah. Kalau influenza tipe B biasanya hanya mengakibatkan penyakit flu yang ringan dibandingkan dengan tipe A (kadang-kadang saja hingga menyebabkan wabah). Sedangkan influenza tipe C merupakan tipe yang diragukan penyakitnya, mungkin hanya menyebabkan gangguan ringan pada manusia.

 

Cara penularan influenza melalui media percikan air pada saat seseorang batuk atau bersin-bersin dan juga dapat melalui partikel yang berasal dari sekret hidung atau tenggorok yang melayang di udara terutama pada ruangan-ruangan yang tertutup dan sesak dipenuhi manusia. Pada partikel udara tersebut virus akan dibawa masuk ke dalam saluran pernafasan. Bila virus ini masuk ke dalam hidung dan berhasil menerobos sel, maka dalam beberapa jam virus akan mengalami perkembangbiakan. Pada tahap ini biasanya penderita akan mengalami perasaan malas dan rasa dingin.

 

Tanda Gejala Penyakit Influenza.

Umumnya, penderita influenza akan mengeluh demam, sakit kepala, sakit otot, pilek, batuk, kadang disertai rasa sakit pada saat menelan dan suara serak. Meski dibiarkan akan sembuh sendiri, bukan tidak mungkin penyakit ini akan menjadi parah dan berbahaya. Salah satu komplikasi selanjutnya adalah pneumonia (peradangan paru-paru).

 

Pengobatan Penyakit Influenza.

Agar penyebaran virus dapat di hentikan maka dianjurkan untuk periksa ke unit pelayanan kesehatan agar mendapatkan pengobatan. Makin cepat obat influenza diberikan makin baik.

 

Obat memang sudah banyak, tetapi dalam menghadapi penyakit influenza yang paling utama adalah pencegahan. Dalam pencegahan influenza yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan vaksinasi influenza. Selain itu, meningkatkan kebersihan perorangan, memakai masker ketika bermotor, dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan tindakan. Hal ini bertujuan untuk mencegah meluasnya penyebaran penyakit ini di masyarakat.

 

Note: Influenza pdf atau influenza ppt dapat diunduh melalui tombol print di bawah ini.

 

Referensi:

  1. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam, Edisi IV, Jilid III, Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Reply