4 Tanda Pasti Kehamilan

PerawatanKesehatan.com – Tanda tanda kehamilan dibagi menjadi dua yaitu tanda-tanda subjektif dan objektif. Tetapi gejala-gejala yang muncul tidak semua menjadi tanda pasti kehamilan.

Berikut 4 Tanda Pasti Kehamilan yaitu:

1. Adanya Gerakan Janin.

Tanda pasti kehamilan yang pertama yaitu adanya gerakan janin. Hal ini dapat diketahui dengan melakukan pemeriksaan perut ke bidan atau pemeriksaan USG ke dokter kandungan. Biasanya gerakan janin mulai dapat dirasakan pada usia kehamilan 24 minggu.

2. Detak Jantung Janin.

Tanda pasti kehamilan selanjutnya yaitu terdengar bunyi detak jantung janin. Biasanya detak jantung janin dapat didengar oleh bidan atau dokter kandungan dengan menggunakan stetoskop atau alat dopper mulai pada usia kehamilan 12 minggu. Kecepatan detak jantung janin normalnya antara 120-160 kali permenit dan tidak seirama dengan denyut jantung ibu. Namun, bunyi detak jantung janin bisa saja tidak terdengar terutama pada ibu yang sangat gemuk atau pada penderita dengan kelebihan air ketuban.

3. Tulang Rangka Janin.

Dan tanda pasti kehamilan selanjutnya yaitu pemeriksaan sinar-X menunjukkan adanya kerangka janin dalam rahim ibu. Pemeriksaan sinar-X akan cukup berguna bila dilakukan setelah usia kehamilan 26 minggu. Adanya gambaran tulang rangka janin pada foto sinar-X merupakan tanda pasti hamil.
Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat membantu mendeteksi adanya kehamilan kembar, kematian janin dalam rahim, bahkan tumor yang berhubungan dengan kehamilanpun juga dapat terdeteksi.

4. Adanya Janin dalam Rahim.

Selanjutnya yang tanda pasti kehamilan yang paling disarankan dan paling aman untuk saat ini yaitu dengan pemeriksaan usg atau ultrosonografi untuk mengetahui ada atau tidaknya janin dalam rahim ibu, dimana dengan pemeriksaan ini saja sudah dapat menentukan kepastian kehamilan. Perlu kalian ketahui bahwa pemeriksaan USG tidak hanya untuk mengetahui kemungkinan jenis klamin janin, tetapi juga dapat mengetahui kondisi kesehatan janin, seperti berat dan tinggi janin, bahkan hari perkiraan janin akan lahir.

Demikan empat tanda pasti kehamilan menurut tim perawatan kesehatan. Bila artikel ini bermanfaat maka sukai dan bagikan! Terima kasih.

Referensi.

  1. Chadha, P. Vijay. Catatan kuliah ilmu forensik & toksikologi (Hand book of forensic medicine Hutauruk; editor, Agnes Kartini. – Jakarta: Widya Medika, 1995.

Reply