Usia Bayi Diberikan Makan (MP-ASI)

Hai health lovers, bagi ibu yang baru memiliki anak pertama, pasti banyak pertanyaan yang muncul, salah satunya yaitu kapan usia bayi diberikan makan atau dikenal dengan sebutan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Tak jarang yang menanyakan hal ini ke saudara atau ke teman-temannya atau neneknya yang jelas-jelas bukan seorang tenaga kesehatan. Jawaban yang bervariasi diantaranya yaitu bayi boleh diberikan makan mulai 4 bulan, 6 bulan, ada juga yang baru lahir langsung diberi makan, dan lain lain. Dan sampai sekarang ada juga yang masih mengikutinya. Apakah mereka salah? Bagi anda seorang bunda yang kekinian dan cerdas alangkah baiknya bila sebelum memulai memberikan makan kepada bayi, tanyakan terlebih dahulu ke dokter, bidan atau perawat. Informasi selengkapnya tentang waktu yang tepat bayi diberikan makan, lihat dibawah ini.

usia bayi diberikan makan
Bayi berusia 6 bulan keatas adalah waktu yang tepat untuk diberikan makan (MP-ASI). Perlu anda ketahui bahwa diusia 6 bulan ini bayi sedang menjalani proses tumbuh kembang kembang otak yang cepat, dimana ia harus belajar mengunyah dan menelan makanan yang diberikan. MP-ASI sangatlah penting sama halnya ASI, jadi berikan MP-ASI yang kaya zat besi.

Catatan badan kesehatan WHO, 2008 menunjukkan 40% anak didunia mengalami kekurangan zat besi, akibatnya anak mengalami gangguan perkembangan dan tidak dapat diperbaiki, salah satunya kecerdasan.

Saat pertama kali bunda mulai MP-ASI kenalkanlah makanan secara bertahap mulai makanan lembut (pure) diberikan 2-3 kali sehari, tentunya dengan jumlah yang bertahap. Menu pertama yang dapat dibuat diantaranya yaitu beras (dibuat tepung), hati ayam dan bubur susu.

Referensi

Lies & Diana (ed), 2016, 365 Hari MP-ASI plus makanan pendamping ASI untuk anak usia 6-18 bulan, Jakarta: Penerbit Buku Kompas

Reply