Vitamin Penyehat Kulit yang Harus Anda Konsumsi

Go-dok.com – Memiliki kulit sehat tentu saja menjadi dambaan semua orang. Terlebih bagi para kaum hawa menjaga kesehatan kulit agat terlihat putih dan cerah sudah menjadi hal pokok utamanya. Namun, tidak semua orang sadar bagaimana cara merawat kulit agar senantiasa sehat. Padahal, caranya cukup mudah, lho. Anda cukup memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan kulit dan mengonsumsi vitamin penyehat kulit. Mau tau, apa saja vitamin yang dapat menyehatkan kulit? Simak daftar vitamin penyehat kulit berikut ini!

1. Vitamin E

Vitamin penyehat kulit yang pertama adalah vitamin E, pada dasarnya seiring bertambahnya usia tua itu pasti, namun rutin mengonsumsi vitamin ini efektif dapat membantu memperlambat proses kulit menjadi keriput, sekaligus merangsang regenerasi sel-sel kulit Anda. Karenanya, asupan vitamin E mampu membuat kulit Anda tampak senantiasa awet muda. Tak hanya itu, vitamin E juga bersifat antioksidan dan berperan dalam mencegah kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet matahari.  Nah, vitamin E dapat Anda temukan dalam minyak sayur serta kacang-kacangan.

2. Vitamin A

Tahukah Anda bahwa vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kulit, mulai dari menjaga kulit agar tidak kering dan pecah-pecah, mencegah datangnya kerutan wajah, hingga mengatasi kulit berjerawat. Untuk memperoleh semua itu, Anda harus pandai menjaga kadar vitamin A di dalam tubuh. Pasalnya, saat kadarnya di dalam tubuh turun sekali, akan besar dampaknya sehingga kulit langsung menjadi pecah-pecah karena vitamin ini berfungsi pula sebagai penyatu jaringan kulit. Vitamin penyehat kulit yang satu ini dapat Anda temukan pada berbagai jenis buah dan sayuran, seperti wortel, tomat, dan apel.

3. Vitamin B

Kurangnya vitamin B dapat membuat kulit Anda lebih mudah mengalami dehidrasi karena kadar dalam tubuh tidak tercukupi . Tak hanya itu, kekurangan vitamin B bisa juga meningkatkan risiko penuaan dini pada kulit Anda, lho! Karenanya, mulailah mengonsumsi daging serta kacang-kacangan dan biji-bijian yang mengandung vitamin B dari sekarang.

4. Vitamin D

Vitamin penyehat kulit selanjutnya adalah Vitamin D. Salah satu vitamin penyehat kulit yang wajib diasup oleh tubuh Anda setiap harinya dan harus ada di bagian epidermis serta inner dermis kulit Anda. Asupan yang dianjurkan adalah 600 IU per harinya, yang mungkin harus ditingkatkan jika Anda tengah hamil atau sudah berusia lebih dari 70 tahun. Pasalnya, vitamin D sangat penting bagi tubuh dalam membentuk sel-sel kulit yang sehat. Untuk mendapatkan asupan vitamin D, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti ikan tuna, kod, dan salmon. Tak hanya itu, Anda dapat pula berdiri di bawah sinar matahari pagi selama 10 menit setiap harinya. Rajin-rajin pula mengonsumsi yoghurt dan sereal, ya!

5. Vitamin K

Vitamin K memiliki peran penting dalam pembekuan darah yang biasanya terjadi saat masa penyembuhan kulit Anda dari memar dan luka. Bekas luka, bercak kehitaman, dan mata panda juga dapat diatasi dengan bantuan vitamin ini. Untuk mendapatkannya, jangan lupa untuk mengonsumsi sayur-mayur, seperti selada, bayam, kubis, buncis, dan kale.

6. Vitamin C

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah mulailah rajin mengonsumsi vitamin C. Pasalnya, vitamin C dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas akibat terpapar polusi dan sinar UV matahari. Tak hanya itu, vitamin C juga mampu mempercepat sintesis kolagen dalam tubuh Anda sehingga kulit menjadi lebih lembap dan terasa kenyal. Vitamin penyehat kulit yang satu ini dapat Anda temukan dalam berbagai buah-buahan, sebut saja jeruk, lemon, melon, dan stroberi. Selain itu, vitamin ini juga banyak dijual dalam bentuk tablet dan minuman.

Ingat! Agar terhindar dari berbagai macam jenis penyakit kulit. Mulailah mengonsumsi 6 vitamin tersebut sekarang juga . Semoga bermanfaat!

 

Reply