Anatomi Jantung dan Fisiologinya

PerawatanKesehatan.com – Jantung merupakan salah satu organ yang membantu mempertahankan kehidupan. Bila jantung mengalami gangguan atau kegagalan fungsi, maka organ-organ lainnya seperti paru-paru dan otak akan mengalami hal yang sama. Pada artikel ini kami akan membahas tentang anatomi jantung beserta fisiologinya.

 

Anatomi Jantung.

Anatomi jantung

Gambar 1. Anatomi jantung.

 

Jantung terdiri dari 4 ruang, 4 katup, dan 3 lapisan.

  • 4 ruang yaitu 2 ruang atrium/serambi (berdinding tipis) dan 2 ruang ventrikel/bilik (berdinding tebal).
  • 4 katup yaitu 2 katup atrioventrikuler (trikuspid & biskupid) dan 2 katup semilunar (pulmonal dan aorta).
  • 3 lapisan yaitu epikardium, endokardium, dan miokardium.

 

Fisiologi Jantung.

Jantung terbagi atas 4 ruang yaitu dua ruang bagian atas (atrium) dan dua ruang bagian bawah (ventrikel). Atrium berfungsi untuk mengakumulasi darah sehingga ventricle dapat terisi dengan cepat dan meminimalkan penundaan dalam siklus pemompaan. Ventrikel kiri (LV) jantung memompa darah melalui pembuluh darah arteri disirkulasi sistemik ke dalam kapiler ke seluruh tubuh. Lalu darah kembali ke jantung melalui vena dan di pompa oleh ventrikel kanan (RV) ke dalam sirkulasi paru dan kemudian kembali ke jantung kiri.

 

Setiap kali jantung memompa, gelombang darah akan dikirimkan melalui arteri. Gelombang tersebut dirasakan dan dikenal sebagai denyut nadi. Denyut nadi dapat dirasakan pada arteri besar yang terdapat di atas tulang.

 

Referensi.

  1. Modul Basic Cardiac Life Support. Edisi Revisi. AGD 118 DINKES DKI Jakarta. 2012.

Baca juga selanjutnya: Penyakit Jantung Bawaan (Kongenital) Pada Dewasa.