Bengkak pada Kaki, Tangan, dan Wajah Saat Hamil

PerawatanKesehatan.com – Kehamilan selalu di ikuti dengan perubahan tubuh. Mulai dari perut yang membuncit & berat tubuh yang baik karena perkembangan janin, hingga beberapa masalah yang umumnya dialami dan merisaukan ibu hamil.
Perubahan tubuh dan beberapa masalah yang mengikutinya memang sering kali membuat ibu hamil tidak nyaman. Namun itu lumrah terjadi akibat perubahan hormon selama kehamilan. Tidak perlu cemas berlebihan, karena hal itu dapat diatasi dengan mengenali penyebab dan tips mengatasinya. Jadi anda tetap bisa menikmati kehamilan dengan sehat, nyaman, & tetap cantik.
Peningkatan cairan dalam tubuh selama hamil, selain meningkatkan berat badan, juga mengakibatkan pembengkakan pada kaki, jari tangan dan wajah ibu hamil atau di sebut Oedema. Selama hamil tubuh memproduksi dan menahan cairan sekitar 30% lebih banyak dari pada sebelum hamil. Rahim yang terus membesar juga menekan pembuluh darah balik di kaki khususnya pada trimester ke -3 kehamilan, sehingga peredaran darah ke jantung terganggu dan cairan banyak tertimbun di kaki.
Oedema pretibial yang ringan sering sekali di alamai oleh kebanyakan ibu hamil sehingga tidak dapat di jadikan patokan untuk diagnosis pre-eklamsia. Hampir separuh ibu hamil yang mengalami bengkak yang normal pada kaki , biasanya pembengkakan itu akan hilang setelah beristirahat atau memposisikan kaki lebih tinggi dari tubuh. Sebaliknya oedema yang nengkhawatirkan ialah oedema yang muncul mendadak dan cenderung meluas sampai ke wajah. Oedema biasa bisa menjadi masalah serius bila muncul pada muka dan tangan, bengkak tidak hilang setelah beristirahat, bengkak disertai dengan keluhan fisik lainnya , seperti anda : sakit kepala yang hebat, pandangan mata kabur. jika anda mengalami oedema yang seperti itu, anda harus berhati – hati karena itu merupakan pertanda akan terjadi kejang pada ibu atau eklamsia.
Untuk mengatasi pembengkakan pada kaki , cara berikut dapat di coba dengan aman di rumah:
  • Ketika duduk , usahakan naikkan kaki ( bila mungkin , lebih tinggi dari jantung dan jangan sekali – kali menyilangkan kaki).
  • Jangan berdiri terlalu lama atau duduk dengan telapak kaki menyentuh lantai.
  • Tidurlah miring ke kiri untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik yang berada di kanan tubuh.
  • Saat terlentang ganjal kaki dengan setumpuk bantal
  • Berenang atau berjalanlah dalam kolam renang. Air dapat membantu ‘mengangkat’ bayi dari panggul hingga melancarkan peredaran darah dan mengurangi pembengkakan pada kaki.
  • Hindari menggunakan sepatu yang mengikat kaki anda dan ganti ukuran sepatu 1-2 nomor lebih besar agar peredaran darah tidak melambat.
  • Hindari makanan yang bayak mengandung agaram.
  • Lakukan gerakan ringan yang membantu, misalnya saat duduk, gerakan pergelangan kaki anda dengan cara di tekuk, gerakan yang melingkar ini akan membuat anda nyaman.

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 perubahan selama hamil : menghilangkan kecemasan saat persalinan dan komplikasi kehamilan/ Rusmalia B. Salman. Jakarta : Penerbit Pustaka Kemang, 2016.