Home Blog

Lowongan Kerja RS Islam Muhammadiyah Kendal

0

Hallo Sahabat sehat, kali ini untuk kalian tenaga kesehatan yang sedang mencari lowongan pekerjaan di instansi pemerintah ataupun swasta, PERKES akan membagikan informasi setiap saat mengenai lowongan kerja baik di rumah sakit, klinik, puskesmas, balkelmas dan juga di perusahaan yang membutuhkan tenaga kesehatan.

Bagi sahabat sehat yang ingin mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja bagi tenaga kesehatan jangan lupa untuk terus selancar di website PERAWATANKESEHATAN.com agar tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai lowongan kerja tenaga kesehatan.

Adanya informasi terbaru dari RS Islam Muhammadiyah Kendal yang sedang membuka lowongan kerja untuk dokter umum, tenaga teknik kefarmasian dan dokter gigi spesialis. Informasi lowongan pekerjaan di unggah melalui instagram @rsi_kendal

Dokter umum

Pendidikan profesi dokter

IPK minimal 3.0

Berijazah perguruan tinggi negeri atau swasta yang terakreditasi min. B

Tinggi & berat badan ideal

Memiliki STR aktif

Memiliki sertifikat ACLS/ATLS yang masih berlaku

Hal yang perlu diperhatikan peserta harus

Sehat jasmani dan rohani

Bisa baca tulisan al-qur’an

Usia maksimal 28 tahun

Diutamakan memiliki pengalaman bekerja di rumah sakit

Paling lambat tanggal 22 desember 2022 jam 12.00 WIB

Inilah Hasil Pengawasan BPOM Terhadap Sirup Obat yang Diduga Mengandung Cemaran EG (Etilen Glikol) & DEG (Dietilen Glikol)

0

Dari hasil uji sampling pada tanggal 19 Oktober 2022 menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman pada 5 (lima) produk berikut ini:

  • Termorex syrup( obat demam)
  • Flurin DPM sirup (obat batuk & flu)
  • Unibebi Cough Sirup (Obat batuk & flu)
  • Unibebi Demam Sirup (Obat demam)
  • Unibebi Demam drops (obat demam)
Ilustrasi obat sirup

Meski demikian hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut, karena selain pemakaian obat, masih banyak faktor risiko penyebab kejadian gagal ginjal akut seperti infeksi virus, bakteri leptospiro, atau sindrom peradangan multisistem pasca covid 19.

Referensi:

Badan POM. diakses 2022. Informasi keempat hasil pengawasan BPOM terhadap sampling obat yang diduga mengandung cemaran etilen glikol(EG) dan di etilen glikol (DEG)

Heboh, Paracetamol Sirup Bikin Gagal Ginjal Misterius?

0

Paracetamol merupakan obat antipiretik dan analgesik yang banyak digunakan untuk meringankan rasa sakit pada sakit kepala, sakit gigi dan menurunkan demam.

Ilustrasi gagal ginjal (shutterstock)

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan agar pemerintah Indonesia menghindari sementara penggunaan obat paracetamol sirup dalam praktik penyembuhan penyakit khususnya pada golongan anak.

Rekomendasi ini dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan dini terkait temuan kasus kematian puluhan anak di gambia, Afrika yang diduga mengkonsumsi obat sirup yang terkontaminasi dietilen glikol (DEG) dan etilen glikol (EG)

Halodoc. Diakses 2022. Paracetamol 500 mg 10 kaplet

CNN Indonesia. Diakses 2022. Rekomendasi IDAI untuk hindari sementara penggunaan paracetamol sirup.

Bolehkah ml saat Hamil Muda?

0

Banyak pasangan yang merasa khawatir untuk ml saat hamil muda. Alasan utamanya yaitu bayi belum menempel kuat di dalam rahim sehingga risiko tinggi keguguran. Hal tersebut wajar apabila ingin menjaga bayi dalam kandungan agar selamat hingga ia dilahirkan nanti.

Ilustrasi: Pasangan

Tapi, berpuasa berhubungan tidaklah perlu dilakukan. Pasalnya, ml saat hamil muda, termasuk saat trimester pertama, aman untuk dilakukan selama kehamilan istri normal dan tidak bermasalah.

Bisa jadi pasangan tidak ingin berhubungan Saat hamil muda karena perubahan mood, hanya saja tidak perlu menghindari berhubungan karena takut keguguran.

Nutriclub. Diakses pada 2022. Berhubungan Saat Hamil Muda? Amankah?

Halodoc. Diakses pada 2022. Amankah Berhubungan Intim Saat Hamil Muda?

Fondaparinux

0

Fondaparinux adalah obat untuk mencegah dan mengobati pengumpulan darah pada vena dalam atau DVT (deep vein thrombosis). Obat ini biasanya digunakan dengan obat lain “pengencer darah” (Warfarin). Fondaparinux adalah obat yang mirip dengan heparin yang bekerja dengan memblokir zat alami tertentu dalam darah yang menyebabkan pembekuan.

Salah satu merk dagang fondaparinux: Vasola

Adanya gumpalan darah pada vena dalam beresiko terjadi pada seseorang yang baru saja menjalani operasi pada perut ataupun panggul. Dan juga pada orang yang harus berbaring terlalu lama.

DVT yang tidak dicegah atau diobati dapat menyebabkan terjadinya emboli paru yang berbahaya dan mengancam nyawa.

Cara Menggunakan Fondaparinux dengan Benar

Fondaparinux akan diberikan melalui suntikan subkutan (dibawah kulit/SC) oleh dokter atau petugas medis dibawah pengawasan dokter. Ikuti saran & anjuran selama menjalani terapi dengan menggunakan fondaparinux.

Fondaparinux dapat membantu meningkatkan risiko terjadinya perdarahan, selalu berhati hati saat beraktivitas selama menjalani terapi dengan fondaparinux ini. Sebaiknya hindari benturan atau kegiatan yang bisa menyebabkan cedera.

WebMD (2022). Fondaparinux SODIUM Syringe.
Alodokter(2021). Fondaparinux

SIROSIS HATI – PENYEBAB – GEJALA DAN PENANGANAN

0

Sirosis hati adalah kondisi rusaknya hati kronis akibat terbentuknya jaringan parut. Jaringan parut secara bertahap akan menggantikan sel-sel hati yang sehat. Biasanya terbentuk akibat penyakit hati yang berkepanjangan seperti infeksi atau konsumsi aIkohoI berlebihan.

Organ hati akan memperbaiki cedera tersebut dengan membentuk jaringan parut. Bila kerusakan pada hati berlangsung terus menerus, maka jaringan parut yang terbentuk semakin banyak dan akan mengganggu fungsi hati.

Bila terjadi dalam waktu yang lama, bahkan sampai bertahun-tahun, sirosis dapat mengakibatkan gagal hati. sehingga hati tidak mampu melakukan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, bila penyebabnya diobati maka sirosis dapat diperlambat atau dihentikan.

PENYEBAB SIROSIS HATI

Penyalahgunaan aIkohoI kronis, virus Hepatitis kronis (Hepatitis B & C).

GEJALA

Pada stadium awal mungkin tidak muncul gejala apapun. tetapi seiring berjalannya waktu dan kerusakan hati semakin parah, beberapa gejala mulai muncul diantaranya seperti:

  • Kelelahan
  • kurang nafsu makan
  • penurunan berat badan
  • mual
  • penumpuk cairan di rongga perut (asites)

  • selain itu juga mungkin akan muncul perubahan pada kulit, seperti
  • kulit dan bagian putih mata menguning (Jaundice)
  • merah pada telapak tangan
  • kulit gatal
  • mudah memar

PENANGANAN

karena tidak langsung merasakan gejalanya, seringkali sirosis ditemukan pada saat pemeriksaan medikal ceck up rutin, misalnya pada pemeriksaan darah, dilakukan pemeriksaan fungsi hati, Hepatitis B & C.

jika dicurigai adanya sirosis, maka biasanya akan dilakukan tes pencitraan perut, seperti Ultrasound atau MRI.

pemeriksaan USG abdomen px sirosis hati (dok. pribadi)

REFERENSI:

alodokter. sirosis – Pengertian, gejala, penyebab, diagnosis, pengertian dan pencegahan.

hallodoc. sirosis.

WebMD. Chirrhosis and Your Liver

Diperbarui pada 13 Februari 2022

HIDRONEFROSIS – PENYEBAB, GEJALA DAN PENGOBATAN

0

Hidronefrosis adalah kondisi dimana adanya pembengkakan pada salah satu atau kedua ginjal akibat penyumbatan urin yang menumpuk pada ureter dan tidak bisa mengalir ke kandung kemih.

untuk dapat menegakkan diagnosis hidronefrosis biasanya dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG, Foto thorax atau CT urology untuk dapat membantu menunjukkan gambaran ginjal secara jelas.

hasil USG abdomen px dengan hidronefrosis sebelah kanan.

PENYEBAB HIDRONEFROSIS

hidronefrosis kemungkinan disebabkan karena adanya batu ginjal, pembesaran prostat, infeksi, gumpalan darah, atau tumor.

GEJALA HIDRONEFROSIS

Gejala yang sering dikeluhkan px yang terkena hidronefrosis diantaranya kesulitan untuk buang air kecil, nyeri punggung hingga ke perut hingga menjalar ke slangkangn.

PENGOBATAN HIDRONEFROSIS

Penanganan yang paling utama yaitu dengan melepaskan sumbatan yang terjadi. bila sumbatan terjadi karena batu ginjal maka batu perlu diambil untuk melancarkan urin keluar. Bila akibat infeksi maka dilakukan pengobatan yang diperlukan misalnya penggunaan antibiotik. tetapi bila tidak juga berhasil maka perlu dievaluasi untuk dilakukan pembedahan.

Bila mengalami gejala gejala diatas maka segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sehingga komplikasi akibat hidronefrosis dapat dicegah.

update on 10 February 2022

GEJALA SAKIT MAAG YANG UMUM TERJADI

0

Dikutip dari Halodoc, sakit maag (dispepsia) adalah nyeri dan rasa tidak nyaman pada lambung yang disebabkan karena beberapa kondisi tertentu. Jadi bisa dibilang kalau sakit maag ini sebenarnya bukan penyakit melainkan gejala dari suatu penyakit. secara umum, sakit maag ini disebabkan karena adanya luka terbuka yang terjadi pada lapisan dalam lambung (tukak lambung), infeksi bakteri, efek samping dari konsumsi obat AINS (antiinflamasi non-steroid) dan stres.

Ilustrasi px dengan sakit maag

GEJALA SAKIT MAAG

Berikut beberapa gejala yang sering terjadi ketika px mengalami sakit maag:

  1. Sakit perut
  2. Heartburn (nyeri atau rasa terbakar pada ulu hati)
  3. Mual dan muntah
  4. Rasa asam di mulut
  5. Sering bersendawa dan buang gas
  6. Refluks (naiknya makanan/cairan dari lambung ke kerongkongan)
  7. Diare

Bila kalian mengalami hal-hal tersebut maka sebaiknya langsung periksa ke fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat

TROGYL | INDIKASI, EFEK SAMPING, CARA PEMBERIAN

0

Setiap 100 ml trogyl mengandung 500 mg metronidazole. Disposisi metronidazole dalam tubuh dalam bentuk oral dan injeksi intravena adalah sama, dengan eliminasi waktu rata-rata pada manusia sehat adalah 8 jam. Metronidazole dapat dideteksi di dalam cairan serebrospinal, saliva dan air susu dengan konsentrasi sama dengan yang terdapat di plasma.

Indikasi

Uretritis dan vag*nitis yang disebabkan oleh Trichomonas vag*nalis, amubiasis, pencegahan infeksi anaerob paska operasi dan giardiasis yang disebabkan oleh Giardia lambliasis.

Kontra Indikasi

Pasien yang hipersensitif terhadap metronidazole atau derivat nitroimidazole lainnya. Selain itu trogyl juga tidak disarankan untuk ibu hamil trimester 1.

Efek Samping

Terkadang dapat menyebabkan rasa mual, anoreksia dan nyeri pada epigastrium.

Perlu diketahui bahwa metronidazole sebaiknya diberikan tersendiri. Bila dikombinasi dengan antibiotik, kedua-duanya harus diberikan dosIs penuh untuk terapi normal.

OVERD0Sls

Dosls sampai dengan 15 gr dapat menyebabkan gejala OD seperti mual, muntah dab ataksia. Sementara untuk penanganan OD dapat berupa terapi penunjang atau terapi untuk menghilangkan gejala-gejala.

Penyimpanan

Sebaiknya trogyl disimpan ditempan yang kering dan terlindung dari cahaya. Suhu dibawah 30 derajat Celcius.

Trogyl diproduksi oleh PT Bernofarm Sidoarjo- Indonesia untuk PT Otto Pharmaceutical industries Bandung- Indonesia

Bentuk Sediaan Farmasi (Bentuk-bentuk Obat)

0
bentuk sediaan farmasi

Macam-macam sediaan umum menurut Farmakope Indonesia dapat dikategorikan sebagai berikut;

  • Sediaan cair, contonya suspensi, sirup, lotion, dll.
  • Sedian semi padat, contohnya krim, salep, gel, dll.
  • Sediaan padat, contohnya tablet, pil, kapsul, dll.
  • Sediaan lain, seperti inhaler,aerosol, dll.

Faktor-faktor formulasi atau pembuatan sediaan farmasi yang dapat merubah efek obat dalam tubuh yaitu, sebagai berikut;

  • Bentuk fisik zat aktif (amorf atau kristal, kehalusannya).
  • Keadaan kimiawi (ester, garam, dsb).
  • Zat-zat pembantu (zat pengisi, pelindung, pelicin, dsb).
  • Proses teknik yang digunakan untuk membuat sediaan.
    Formula obat terdiri dari bahan obat dengan satu atau lebih zat bukan obat (bahan farmasi) memiliki fungsi untuk melarutkan, mengentalkan, mengencerkan, mengawetkan, mewarnai, pewangi dan menciptakan banyak bermacam-macam zat obat menjadi bentuk sediaan farmasi dengan macam-macam tipe yang manjur dan menarik, masing-masing bentuk sediaan memiliki sifat fisika dan sifat farmasi yang khusus.

Perlu diketahui bahwa banyak obat yang digunakan dalam jumlah miligram, sehingga terlalu sedikit untuk ditimbang, contohnya etinilestradiol 0.05 mg, maka diperlukan bahan pengisi atau pengencer sehingga ukuran satu unit dosis cukup besar untuk ditimbang.

Kebutuhan bentuk sediaan adalah;

  1. Untuk melindungi zat obat dari pengaruh yang merusak dari oksigen, udara, dan kelembaban, contonya dalam bentuk tablet salut, ampul tertutup.
  2. Untuk melindungi zat obat terhadap pengaruh yang merusak dari asam lambung melalui pemberian secara oral, contohnya bentuk tablet salut enterik.
  3. Menutupi rasa pahit, asin atau batu dari zat obat, contohnya bentuk kapsul, tablet salut, sirup yang diberi pengenak rasa.
  4. Memberikan kerja obat yang optimum melalui pengobatan inhalasi, contohnya obat-obatan inhalasi dan aerosol inhalasi.
  5. Melengkapi kerja obat yang optimum dari tempat pemberian secara topikal, contonya salep, krim, obat mata, telinga, dan hidung.
  6. Memberikan penempatan obat ke dalam salah satu lubang dari badan, contonya supositoria melalui anus.
  7. Memberikan penempatan obat secara langsung ke dalam aliran darah atau ke dalam jaringan dari tubuh, contonya injeksi.
  8. Menyediakan obat dalam kerja yang luas, dengan cara mengatur pelepasan obat, contonya tablet, kapsul dan suspensi yang pelepasannya diatur.
  9. Menyediakan sediaan cair dari zat yang tidak larut dalam pembawa yang diinginkan.
  10. Menyediakan sediaan cair dari zat yang larut dalam pembawa yang diinginkan.

Berikut beberapa faktor yang menjadi pertimbangan membentuk suatu sediaan, diantaranya sebagi berikut;

  • Sifat dari penyakit.
  • Pada bagian mana obat itu biasanya diberikan.
  • Secara lokal atau melalui kerja sistemik.
  • Usia.
  • Kondisi sebelumnya dari pasien.

Bentuk-bentuk sediaan

1. Tablet.
Tablet adalah bentuk sediaan padat yang dibuat dengan cara mencetak dan mengandung zat obat dengan atau tanpa pengencer yang cocok, zat penghancur, zat pemberi warna dan zat pembantu lainnya. tablet terdiri;

  • Tablet salut enterik, adalah tablet obat yang dapat melewati lingkungan asam dari lambung dengan aman dimana obat-obat tertentu dirusak, setelah sampai di usus halus tablet dapat larut dengan aman.
  • Tablet salut selaput, adalah tablet disalut dengan selaput tipis dari polimer yang larut atau tidak larut dalam air, sediaan ini pecah dalam saluran lambung – usus.
  • Tablet salut gula, adalah tablet yang diberi lapisan gula yang berwarna atau tidak, lapisan ini larut dalam air dan cepat terurai begitu ditelan, sediaan ini berguna untuk melindungi obat dari udara, kelembaban, serta memberi rasa atau untuk menghilangkan gangguan dari bau bahan obat.
  • Tablet kunyah, adalah tablet kunyah lembut yang segera hancur ketika dikunyah atau dibiarkan melarut di dalam mulut.
  • Tablet effervescent, adalah tablet buih yang mengandung garam effervescent atau bahan-bahan lain yang mampu melepaskan gas ketika bercampur dengan air.

2. Kapsul.
Kapsul adaah bentuk sediaan padat dimana zat obat dan bahan farmasi yang lain sebagai pengisi ditempatkan dalam suatu kulit yang keras atau lembek yang terdiri dari gelatin. Jenis dan ukuran kapsul beragam mempunyai bentuk dan warna yang berbeda.

3. Suspensi.
Suspesi adalah bentuk sediaan obat yang terbagi dengan halus yang ditahan dalam suspensi dengan menggunakan pembawa yang sesuai, biasanya pembawa yang mengandung air. Harus dikocok sebelum digunakan karena obat cenderung mengendap, hal ini dimaksudkan untuk pemberian dosis yang tepat.

4. Elixir.
Elixir adalah larutan dalam pembawa asam hidroklorida (HCI) yang diberi gula dan umumnya lebih mudah bergerak depan air.

5. Sirup.
Sirup adalah umumnya menggunakan larutan sukrosa sebagai pembawa yang manis menjadi preparat yang kental.

6. Solutio.
Solutio adalah sediaan yang di dalamnya dilarutkan zat obat terutama dalam pembawa yang mengandung air.

7. Supositoria.
Supositoria adalah bentuk padat dengan berbagai ukuran berat dan bentuk dengan maksud untuk dimasukkan ke dalam suatu lubang dari tubuh.

8. Suntikan.
Suntikan adalah sesuatu yang disuntikkan melalui lubang jarum yang runcing ke dalam tubuh pada berbagai tempat dan dengan bermacam-macam ke dalaman, prepranat yang disuntikkan biasanya berupa suspensi atau larutan steril dari suatu zat obat dalam air atau dalam minyak nabati yang sesuai.

9. Salep.
Salep adalah campuran sederhana dari zat obat dalam suatu dasar salep.

10. Krim.
Krim adalah emulsi setengah padat dan umumnya kurang kental dan lebih ringan dari salep.

11. Pasta.
Pasta adalah sediaan yang mengandung lebih banyak bahan pdat dari pada salep dan oleh karenanya lebih kental dan kurang meresap, biasanya digunakan karena kerjanya melindungi dan kemampuannya menyerap kotoran serum dari luka-luka pada kulit.

12. Bedak obat.
Bedak obat adalah sediaan campuran sempurna yang sederhana dari zat-zat obat, biasanya dalam suatu dasar yang inert seperti bubuk talk, tergantung pada ukuran partikel hasil penggilingan.

13. Lotio.
Lotio adalah suspensi dari bahan-bahan padat dalam suatu pembawa air, tidak berminyak.

14. Cakram.
Cakram adalah sediaan yang digunakan dalam bentuk sistem penyampaian transdermal atau secara topikal pada permukaan kulit untuk absorpsi perkuatan dan kerja sistemik.

Pertimbangan terapeutik dalam merancang bentuk sediaan:

  • Sifat dari penyakit atau keadaan penyakit yang ingin diberi obat.
  • Memenuhi keinginan pribadi dokter atau pasien dan untuk memenuhi kepentingan penting dalam situasi tertentu.
  • Absorpsi dari obat.
  • Obat-obat yang diinginkan memberikan efek lokal digunakan langsung pada tempat dimana obat dikehendaki bekerja.