Cantengan – Pengertian, Gejala dan Pengobatan – Perawatan Kesehatan

Pengertian

Cantengan (disebut juga: Paronychia) adalah kondisi dimana terdapat infeksi jaringan pada sekitar kuku yang menyakitkan, berwarna merah dan bengkak, paling sering dialami oleh kuku jempol kaki. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pertumbuhan sisi kuku yang menekan kulit hingga terluka.
Cantengan – Pengertian, Gejala dan PengobatanTerdapat beberapa faktor yang menyebabkan sisi kuku tumbuh ke dalam kulit, diantaranya akibat terlalu sering menggigit kuku, mengenakan sepatu yang terlalu sempit secara terus menerus, kependekan memotong kuku, trauma akibat benturan benda keras dan karena iritasi.

 

Gejala

Selain rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan pada kulit sekitar kuku. Gejala cantengan lainnya yang mungkin ada yaitu berbau tidak sedap dan bernanah.
Mengalami cantengan sangatlah tidak nyaman dan menyakitkan, terutama saat tersentuh atau tertekan sesuatu.

 

Pengobatan

Dalam pengobatan cantengan terdiri dari perawatan dan pengobatan, hingga prosedur medis mungkin diperlukan untuk mengeringkan nanahnya.

Kompres hangat.
Mengompres atau merendam jari yang cantengan menggunakan air hangat yang diberi garam, sebaiknya dilakukan 2-3 kali perhari selama 15 menit. Tujuan perawatan ini agar dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengeringkan infeksi kulit.

Obat antibiotik atau antijamur.
Setelah dilakukan kompres hangat, cara menyembuhkan cantengan selanjutnya yaitu dengan pemberian antibiotik pada kulit yang terinfeksi, dan dibalut dengan kassa steril. Hal ini bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan atau membunuh bakteri penyebab cantengan. Tetapi bila cantengan disebabkan oleh jamur maka obat antijamur akan diberikan, agar dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur penyebab cantengan.

Anda juga bisa mengkonsumsi obat-obatan pereda rasa sakit, seperti paracetamol dan ibuprofen dengan dosis yang sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Insisi dan drainase.
Bila sudah melakukan perawatan dan pengobatan diatas namun tak kunjung sembuh bahkan malah muncul tanda tanda infeksi, seperti keluar nanah dan pendarahan. Terlebih lagi bila Anda penderita diabetes, maka segera ke dokter atau unit pelayanan kesehatan terdekat agar dapat mendapat pengananan lebih lanjut.
Tindakan yang biasa dilakukan oleh dokter atau perawat IGD pada kasus cantengan yang parah, biasanya menempuh jalur operasi kecil. Operasi ini terbagi menjadi dua, yaitu:
Operasi pencabutan sebagian kuku.
Untuk kuku yang tumbuh lebih dalam dan parah, dilakukan pemotongan atau membuang kuku yang menusuk kulit sehingga jaringan disekitarnya dapat terbebas dari tusukan kuku.
Operasi pencabutan seluruh kuku.
Untuk jari yang cantengan parah baik sisi kanan maupun kiri, biasanya akan disarankan untuk tindakan operasi pencabutan seluruh kuku.
Selain melakukan tindakan tersebut mungkin juga akan memotong atau menusuk kulit untuk mengeluarkan infeksi seperti abses.

Simak video menarik berikut ini:

 

Pencegahan

Beberapa tips pencegahan cantengan yang dapat Anda lakukan diantaranya;

  • Jangan menggunakan sepatu atau kaos kaki yang terlalu ketat.
  • Jangan memotong kuku terlalu pendek.
  • Jaga kebersihan kuku dan kulit sekitarnya.

Reply