Cara mengatasi Jerawat saat Hamil

Cara mengatasi jerawat saat hamil – Beberapa ibu berjerawat saat hamil. Hal ini karena kehamilan memang dapat memicu munculnya jerawat, meskipun saat remaja tidak pernah mengalaminya.

Penyebab jerawat saat hamil adalah peningkatan produksi sebum, yaitu kelenjar minyak yang menjaga agar kulit tetap halus, yang akhirnya dapat menyebabkan pori-pori tertutup sehingga kotoran menumpuk dan timbul jerawat. Jerawat saat hamil juga tidak hanya terjadi pada wajah tetapi juga dapat terjadi pada tubuh seperti pada punggung, dada, bahkan di leher sekalian. Lalu bagaimana cara mengatasi jerawat ini? Bagi yang mengalaminya maka simaklah informasi berikut ini:

 

Cara Mengatasi Jerawat Saat Hamil.

  • Bersihkan kulit dan wajah minimal dua kali perhari. Yaitu, pada waktu pagi hari sebelum menggunakan kosmetik dan pada waktu sore setelah pulang dari kantor atau sebelum tidur malam.
  • Gunakan sabun dan pembersih wajah berPH (derajat keasaman) seimbang yaitu 5 – 6.5.
  • Bila ibu hamil sering berada pada ruangan yang dingin atau berAC, maka sebaiknya gunakan pelembab tubuh dan wajah agar kulit tidak kering. Akan tetapi, bila kulit terlalu berminyak, maka pilihlah pelembab yang bebas minyak.
  • Bila ibu timbulnya jerawat saat hamil di rasa sangat mengganggu, maka segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit (sp.KK) dan jangan lupa, untuk mengatakan bahwa anda sedang hamil.
  • Dan yang terakhir, jangan lupa untuk tetap konsumsi makanan & minuman yang bergizi seimbang, termasuk di dalamnya buah-buahan yang mengandung vitamin C, dan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

 

Penting diketahui bahwa selama masa kehamilan, ibu hamil memang harus super perhatian pada kesehatan dan kebersihan tubuh. Dan tidak perlu panik atau tergesa-gesa karena semua akan kembali normal setelah bayi lahir.

Jadi, nikmati aja kehamilannya dan tetap berusaha tampil cantik.. 🙂

Baca juga:16 Keluhan keluhan yang umum Selama Masa Kehamilan

Cukup sekian, tips mengatasi jerawat saat hamil.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

 

Referensi:
  1. 30 perubahan tubuh selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan dan komplikasi kehamilan / Rusmalia B. Salman. Jakarta: Penerbit Pustaka Kemang. 2016.