Cara Pijat Bayi (Stimulus Touch) – Baby Spa

PerawatanKesehatan.com – Dear Sejawat se-tanah air, Pijat bayi atau stimulus touch dapat diartikan sebagai sentuhan komunikasi yang nyaman antara bunda dan si kecil. Jadi, dengan memijat bayi yang benar merupakan suatu pengungkapan rasa kasih antara orang tua dan anak melalui sentuhan dengan kulit yang dapat memberikan dampak yang luar biasa.

 

Cara Pijat Bayi Berdasarkan Usia.

  1. Bayi usia 0-1 bulan. Sebaiknya hanya dengan gerakan yang lebih mendekati usapan halus. Dan perlu diingat bahwa sebelum tali pusat bayi lepas, disarankan tidak melakukan pemijatan di daerah perut.
  2. Bayi usia 1-3 bulan. Sebaiknya diberikan gerakan yang halus disertai dengan tekanan ringan dalam waktu yang relatif singkat.
  3. Bayi usia 3 bulan – 3 tahun. Sebaiknya diberikan seluruh gerakan dengan tekanan & waktu yang lebih meningkat. Total waktu pemijatan yang disarankan sekitar 15 menit.

Pemijatan bayi sebaiknya dilakukan pada pagi hari sebelum si kecil mandi. Namun, pemijatan juga dapat dilakukan pada malam hari sebelum tidur, sehingga dapat tidur lebih nyenyak.

 

Manfaat Pijat Bayi.

Pijat bayi secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut:

  • Menghilangkan rasa tidak nyaman pada tubuh bayi.
  • Melatih respon saraf.
  • Meningkatkan kualitas tidur.
  • Menstimulasi & membantu sistem pencernaan.
  • Memperkuat otot.
  • Membantu pertumbuhan.
  • Membuat bayi tenang.
  • Membuat bayi lebih sehat.
  • Memperkuat daya tahan tubuh.
  • Mengajarkan si kecil bahwa sentuhan merupakan bentuk ekspresi.

 

Cara Pijat Bayi yang Benar.

Memijat Wajah.

Berikut beberapa contoh teknik lain dalam memijat wajah si kecil.

  • Gerakan menyetrika dahi. Caranya, pelipis diusap dengan telapak tangan.
  • Gerakan membedaki hidung. Caranya, hidung si kecil dicolek bedak dengan telunjuk.
  • Gerakan cincin mata. Caranya, membuat lingkaran di sekitar mata dengan telapak tangan.
  • Gerakan melingkari pipi. Caranya, dengan menggambar lingkaran di pipi, awalnya besar kemudian semakin kecil.
  • Gerakan mencubit-cubit kulit pipi. Caranya, menempelkan telapak tangan di pipi kemudian digoyang-goyangkan.
  • Gerakan bersiul. Caranya, yaitu dengan mengusahakan agar mulut bayi dimonyongkan.

Memijat Muka.

Pemijatan muka dimulai dengan mengusap wajah si bayi ke arah samping dengan kedua telapak tangan. Kemudian jemari menekan lembut pada dahi, dan membuat gerakan ke samping kiri dan kanan. Buat lingkaran-lingkaran kecil di pelipis, juga ke daerah pipi bawah mata. Kedua ibu jari memijat alis mulai dari tengah ke samping.

Memijat Dada.

Dada dipijat dengan telapak tangan yang membuat gerakan dari tengah dada ke samping. Atau gerakan membentuk gambar jantung (hati) dengan meletakkan ujung-ujung jari pada ulu hati. Sedangkan cara lainnya yaitu gerakan seperti membuat gambar jantung kecil disekitar puting susu atau gerakan membuat gambar jantung besar hingga ke tepi selangka, kemudian jari-jari tangan direnggangkan seolah membuat gambar burung kecil.

Memijat Tangan.

Pemijatan tangan dimulai dari pundak, tangan kanan dan kiri bunda bergerak seperti memerah susu atau kedua tangan melakukan gerakan memeras, memijit, & memutar secara lembut pada lengan si kecil.

Memijat Lengan.

Lengan si kecil dipijat dengan gerakan menggulung dari kedua telapak tangan bunda. Lalu, kedua lengan si kecil dirapatkan ke badannya & diusap yang lembut.

Memijat Telapak Tangan.

Pada telapak tangan, kedua ibu jari membuat lingkaran-lingkaran kecil. Sementara keempat jari bunda memijat punggung tangan si kecil. Jari si kecil dipijat satu persatu ke arah ujung jari dengan gerakan memutar. Dan gerakan ini diakhiri dengan tarikan lembut pada setiap ujung jari.

Memijat Perut.

Pada saat memijat perut, lakukan gerakan pada perut si kecil seperti mengayuh pedal sepeda, mulai dari atas ke bawah, dengan telapak tangan kanan & kiri secara bergantian. Kemudian dilanjutkan dengan gerakan menekuk lutut si kecil secara lembut hingga menekan ke perut si kecil. Terdapat pula gerakan membuat lingkaran-lingkaran searah jarum jam. Gerakan ini membentuk huruf U, dll.

Memijat Kaki.

Pada pemijatan kaki dilakukan dengan cara memegang pangkal paha si kecil, kemudian tangan digerakkan ke arah pergelangan kaki seperti memerah susu atau dua tangab bergerak bersamaan pada pangkal paha dengan gerakan meremas, memijat, & memutar kaki si kecil secara lembut. Sedangkan pada telapak kaki di urut dengan ibu jari atau membuat lingkaran-lingkaran kecil pada telapak kaki. Dan pada jemari kaki dipijat satu persatu dengan gerakan memutar menjauhi telapak kaki, & diakhiri dengan tarikan lenbut pada tiap ujung jari.

Memijat Punggung Kaki.

Punggung kaki dipijat dengan kedua ibu jari atau ibu jari membuat lingkaran-lingkaran kecil dari mata kaki ke jari kaki. Dilanjutkan kedua tangan membuat gerakan menggulung ke arah pergelangan kaki. Dan akhirnya, kedua kaki si kecil dirapatkan, kedua kaki si kecil diusap dari atas ke bawah dengan lembut & halus.

Memijat Punggung.

Pemijatan punggung dilakukan dengan menggunakan kedua telapak atau dengan gerakan mengusap, membuat lingkaran-lingkaran kecil, gerakan menggaruk dengan tekanan yang lembut.

 

Referensi.
  1. Majalah Al-Mawaddah. Lajnah Dakwah Ma’had al-Furqon al-Islami. Gresik. 2013. p55-56.

Reply