10 Fakta Unik Bidan

jurusan kebidanan

Ilustrasi wisuda mahasiswa kebidanan © Solikhah Aini/Perawatankesehatan.com

Dear Sejawat se-tanah air, Bidan adalah sebutan khusus bagi seorang wanita yang telah menempuh pendidikan jurusan kebidanan (Minimal DIII kebidanan) dan mendapatkan gelar minimal ahli madya kebidanan (A.md. Keb) sekaligus telah di sumpah janji profesi kebidanan.

Taukah kalian? Dibalik semua itu, ternyata bidan memiliki beberapa fakta unik yang tanpa kita sadari.

 

Berikut 10 Fakta Unik Bidan menurut Tim Perawatan Kesehatan adalah:

 

1. Bidan itu pasti wanita.

Hingga saat ini belum ada bidan yang berjenis kelamin laki-laki. Sebab, seorang wanita adalah syarat utama untuk dapat menempuh pendidikan kebidanan baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Jadi, sudah pasti sebutan bidan hanya untuk wanita.

 

2. Bidan itu dapat dipercaya.

Banyak masyarakat yang memberi kepercayaan kepada bidan terutama di pedesaan. Di buktikan dengan adanya bidan desa dan tak sedikit orang yang memilih untuk berobat ke BPM (Bidan Praktek Mandiri) di bandingkan berobat ke pusat kesehatan lainnya. Katanya sich, selain biaya yang lebih murah juga pelayanan yang lebih ramah.

 

3. Bidan itu familiar.

Dandingkan dengan profesi lain, profesi bidan lebih mudah di kenal di kalangan masyarakat. Gimana tidak, di depan rumah nya saja tertulis profesi dan namanya. misal ” Bidan Sholikhah Aini A.md Keb “.

 

4. Bidan itu bidadari idaman.

Esttt.. tunggu dulu, bidadari disini maksudnya perumpamaan bukan bidadari yang ada di langit yach.. Kebanyakan Bidan selain pintar juga berwajah cantik dan berparas indah, sehingga tak jarang laki-laki yang memujinya dan mengatakatan kalau bidan itu “bidadari idaman”… hehehee.. jadi, malu.

 

Nah, fakta unik bidan selanjutnya….

 

5. Bidan lebih cepat tua.

Tua disini maksudnya di tuakan. Kebanyakan orang atau pasien memanggil bidan dengan sebutan Bu Bidan. Padahal belum menikah ataupun punya anak tetapi sudah di panggil Ibu.

 

6. Belum pernah melahirkan, tetapi bidan mampu menolong persalinan orang lain.

Meski tak semua bidan sudah menikah ataupun pernah melahirkan, tetapi mereka di didik untuk mampu membantu menolong persalinan. Jadi, jangan kaget ya… bila Bunda waktu persalinan di tolong oleh Bidan muda.

7. Belum punya anak, tetapi bidan mampu merawat bayi.

Selain di didik untuk dapat membantu menolong persalian, bidan juga di didik untuk dapat merawat bayi-bayi yang baru dilahirkan. Seperti perawatan tali pusat dan memandikan bayi.

 

8. Tetap jadi bidan, dimanapun mereka bekerja.

Tak sedikit lulusan kebidanan yang bekerja di luar bidangnya. Seperti di koperasi, bank, perusahaan dan lain sebagainya. Meski begitu, sebutan bidan tetap melekat pada dirinya.

9. Bidan siaga 24 jam.

Bidan harus siaga (siap, antar, jaga) setiap waktu.

  • Siap antar dalam arti bidan bersedia untuk mengantarkan pasien dengan kegawatdaruratan menuju ke pusat pelayanan kesehatan yang lebih memadai.
  • Jaga maksudnya bidan selalu sabar dalam menjaga, membantu, serta memberi semangat, dan mendo’akan setiap pasiennya saat menjalani proses persalinan.

 

10 . Bidan itu kuat dan berhati lembut.

meski tak ada ikatan darah dan tak kenal sebelumnya, bidan dalam memperlakukan pasiennya dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Sehingga semua pasiennya akan merasa tenang dan nyaman.

Sungguh, bidan itu profesi yang sangat mulia….

 

Demikian itu 10 fakta unik bidan yang dapat kami sampaikan. Selanjutnya kalian dapat menambahkannya di kolom komentar dan jangan lupa di bagikan ya….