Mengenali Gerakan Janin di Usia Kehamilan

0
246
cara menentukan usia kehamilan
PerawatanKesehatan.com – Mengikuti perkembangan janin dalam kandungan memang menakjubkan. Termasuk saat mulai bisa merasakan gerakannya di setiap minggu ke minggu. Bila anda dapat merasakan gerakan janin anda, baik gerakan lembut maupun gerakan yang kuat, artinya janin dalam keadaan sehat dan baik- baik saja.
Namun bila anda merasa janin tidak aktif seperti biasanya, besar kemungkinan janin anda sedang malas bergerak. Coba bangkitkan semangatnya dengan cara mengelus-elus perut anda dengan lembut serasa mengajaknya berbicara. Karena bila janin tidak merespon stimulasi yang anda berikan & bila kondisi ini sudah berlangsung selama 1  hari, segeralah periksa ke dokter Sp.OG (spesialis kebidanan & kandungan) agar dokter dapat memantau kondisi janin anda.

Waktu terbaik untuk mengamati gerakan janin anda adalah disaat malam hari, saat anda berbaring santai. Atau di pagi hari ketika bangun tidur bila usia kandungan anda sudah memasuki trimester ketiga (kehamilan 25-36 minggu).

Tidak ada salahnya apa bila anda dapat mengenali gerakan janin sesuai dengan usianya. Agar anda dapat memantau perkembangannya.

Minggu ke 16 – 20, di minggu ke 16 anda sudah mulai dapat merasakan gerakan janin seperti tendangan dan tonjokan, disebut sebagai fase Quickening. Namun bila anda belum merasakannya di minggu ke 16 ,tidak perlu khawatir karena anda masih dapat menunggunya sampai minggu ke 20.

Minggu ke 21 – 24, aktifitas janin mulai meningkat. Kini janin lebih banyak menendang & jungkir balik, karena volume air ketuban masih sering memungkinkan untuk bergerak leluasa.
Minggu ke 25 – 28, kini janin mulai cegukan. Inilah yang menyebabkan anda merasakan sensasi seperti tersentak-sentak. Dia juga akan bergerak merespon suara dari luar karena pendengarannya makin baik. Kadang-kadang janin “kaget” mendengar suara keras.

Minggu ke 29 – 31 , gerakan janin makin kuat, teratur & terkendali kadang anda sampai merasakan rahim kontraksi.
Minggu ke 32 – 35, inilah puncak aktifitas janin. Dalam minggu – minggu ini anda akan merasakan peningkatan frekuensi dan tipe gerakan janin, karena dia semakin besar dan kuat.
Minggu ke 36 – 40, ukuran janin yang semakin besar dan keterbatasan ruang dalam rahim membuat gerakan memutar janin makin berkurang frekuensinya. Bila dia asik menghisap jempol dan tiba-tiba lepas , anda akan merasakan gerakan darting dan cepat. Itu tanda janin memutar kepalanya untuk mencari jempolnya kembali. Jika perut anda kurus, kemungkinan besar dapat memegang kaki janin. Gerakan utama yang anda rasakan adalah tonjokan tangan/tendangan kaki janin yang mungkin cukup membuat tulang rusuk anda menjadi sakit.

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 perubahan selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan & komplikasi kehamilan/ Rusmalia B. Salman. Jakarta: Penerbit Pustaka Kemang, 2016.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here