HIDRONEFROSIS – PENYEBAB, GEJALA DAN PENGOBATAN

0
240

Hidronefrosis adalah kondisi dimana adanya pembengkakan pada salah satu atau kedua ginjal akibat penyumbatan urin yang menumpuk pada ureter dan tidak bisa mengalir ke kandung kemih.

untuk dapat menegakkan diagnosis hidronefrosis biasanya dokter akan melakukan wawancara medis, pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti USG, Foto thorax atau CT urology untuk dapat membantu menunjukkan gambaran ginjal secara jelas.

hasil USG abdomen px dengan hidronefrosis sebelah kanan.

PENYEBAB HIDRONEFROSIS

hidronefrosis kemungkinan disebabkan karena adanya batu ginjal, pembesaran prostat, infeksi, gumpalan darah, atau tumor.

GEJALA HIDRONEFROSIS

Gejala yang sering dikeluhkan px yang terkena hidronefrosis diantaranya kesulitan untuk buang air kecil, nyeri punggung hingga ke perut hingga menjalar ke slangkangn.

PENGOBATAN HIDRONEFROSIS

Penanganan yang paling utama yaitu dengan melepaskan sumbatan yang terjadi. bila sumbatan terjadi karena batu ginjal maka batu perlu diambil untuk melancarkan urin keluar. Bila akibat infeksi maka dilakukan pengobatan yang diperlukan misalnya penggunaan antibiotik. tetapi bila tidak juga berhasil maka perlu dievaluasi untuk dilakukan pembedahan.

Bila mengalami gejala gejala diatas maka segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat sehingga komplikasi akibat hidronefrosis dapat dicegah.

update on 10 February 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here