Ibu hamil makan nanas dapat keguguran, benarkah?

PerawatanKesehatan.com – Ibu hamil makan nanas dalam bentuk segar atau minuman jus, dapat menyebabkan keguguran. Tetapi faktanya hingga saat ini belum ada data atau penelitian ilmiah manapun yang membuktikan bahwa kandungan senyawa dalam buah nanas dapat menyebabkan keguguran.

 

Video Ibu Hamil Makan Nanas.

Setelah kami melakukan uji coba terkait ibu hamil makan nanas dapat keguguran, ternyata buah nanas tidak terbukti dapat menggugurkan kandungan.

Di dalam buah nanas terdapat senyawa bernama bromelin. Bromelin adalah salah satu senyawa yang terkandung di dalam buah nanas yang dapat melunakkan daging. Mungkin senyawa inilah yang dikhawatirkan dapat melunakkan dinding rahim sehingga janin beresiko terlepas dan terjadilah keguguran. Tetapi, penting diketahui bahwa senyawa bromelin yang terdapat di dalam buah nanas sangat kecil sehingga tidak akan langsung menyebabkan keguguran.

 

Meskipun ibu hamil boleh makan nanas, akan tetepi sebaiknya dibatasi konsumsi buah nanas selama hamil. Dan bila ibu hamil benar-benar kepingin makan nanas kami sarankan untuk mengkonsumsi nanas tidak berlebihan dan pilihlah nanas yang sudah matang dan manis.

 

Cukup sekian tentang salah satu mitos ibu hamil dapat keguguran yang diyakini oleh masyarakat awam.

Bila artikel ini bermanfaat maka:

Like, komen, dan bagikan ya…. 😊

Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

 

Referensi:
  1. 30 Perubahan tubuh selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan & komplikasi kehamilan /Rusmalia B. Salman. Jakarta: Penerbit Pustaka Kemang. 2016.