Cara Mengatasi dan Penyebab Mudah Lelah dan Mengantuk Saat Hamil

PerawatanKesehatan.com – Bukan hal yang aneh bila banyak ibu hamil yang mengeluh kalau dirinya sering merasa mudah lelah maupun gampang ngantuk. Hal itu terjadi karena pengaruh hormon kehamilan. Peningkatan kadar hormon progesteron yang menyebabkan pembuluh darah melebar & laju aliran darah dalam tubuh melambat secara drastis, morning sickness (mual dan muntah pada pagi hari) yang juga dapat menguras energi. Akan tetapi, sulit berkonsentrasi dan mudah lelah saat hamil juga dapat disebabkan karena lemahnya kondisi fisik ibu hamil. Salah satu kondisi yang sering terjadi adalah anemia (kurangnya sel darah merah). Penyebab dari anemia cukup banyak, antara lain kekurangan asupan zat besi, kurangnya waktu untuk tidur dan beristirahat, kurangnya mengkonsumsi makanan sumber protein, dan beberapa penyakit seperti malaria, infeksi cacing dan talasemia.

Cara Mengatasi dan Penyebab Mudah Lelah dan Mengantuk Saat Hamil

 

Pola kerja serta kebiasaan bergerak yang kurang tepat, contohnya terlalu banyak berdiri, berjalan dan kurang istirahat juga dapat menyebabkan ibu hamil mudah lelah dan mengatuk. Walaupun tidak harus di tempat tidur, namun tak bisa tidak, ibu hamil harus pandai mencuri waktu istirahat di sela-sela kesibukannya. Sebaiknya Anda tidak mengakumulasikan kebutuhan istirahat dalam satu waktu. Sempatkan relaksasi di sela-sela kegiatan, cari tempat dimana anda dapat menyelonjorkan kaki sekitar 5-20 menit, atau bila memungkinkan berbaringlah sebentar. Kalau terpaksa berdiri lama, maka letakkanlah bangku kecil di dekat anda, sehingga anda dapat menumpangkan salah satu kaki di atas bangku kecil secara bergantian. Hal ini akan menahan beban sekaligus mengistirahatkan kaki, sehingga anda akan terhindar dari nyeri punggung dan pinggang. Selain itu bangunlah Mood agar selalu bahagia, serta jeda sebentar dari sebuah aktivitas sudah bisa mngendorkan otot yang tegang dan tubuh kembali di aliri energi. Minum air putih yang cukup (min. 8 gelas perhari) untuk mengembalikan kesehatan tubuh.

 

Mengatur jam tidur juga penting diperhatikan agar saat bangun pagi, tubuh dalam keadaan segar. Tak perlu memulai hari dengan tergesa- gesa yang akhirnya membuat anda mudah lelah sepanjang hari. Selain istirahat rasa lelah juga dpat diatasi dengan mendengarkan musik favorit kemanapun anda pergi. Menghirup aroma favorit yang dapat membangkitkan mood anda termasuk pilihan aroma sabun mandi, body lotion dan body spray yang anda suka dan dapat memberikan ketenangan jiwa anda.

 

Bila rasa lelah terasa parah, maka konsultasikan ke dokter untuk memastikan anda tidak kekurangan zat bezi. Dokter umumnya akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium darah untuk mengetahui kadar hemoglobin (hb) serta morfologi dari sel darah merah. Bila diperlukan, akan diperiksa juga kemungkinan penyebab lain. Makan makanan yang mengandung zat bezi dan protein seperti kacang- kacangan yang tidak bergaram , keju cheddar atau roti gandum yang berserat dan memberi asupan zat bezi. Makan sedikit tapi sering. Tubuh anda saat hamil butuh tambahan kalori 300-600 kkal per hari. Penuhi tambahan kalori tersebut dengan menerapkan pola makan sehat dan bergizi. Semisal dengan membawa tuna sandwich beserta buah segar. Serta jangan lupa kenakan baju yang longgar dan berbahan nyaman serta sepatu atau alas kaki yang nyaman dengan hak rendah yang pas di kaki.

 

Referensi.
  1. Rusmalia M. Salman. 30 Perubahan tubuh selama hamil. Jakarta: Penerbit Puataka Kemang. 2016.

Reply