Obat Cyclo Progynova | Terapi Sulit Hormon

Obat cyclo progynova

Gambar 1. Cyclo-progynova tablet salut gula.

PerawatanKesehatan.com – Setiap kemasan kalender obat cyclo progynova berisi 11 tablet salut gula berwarna putih (masing-masing mengandung 2 mg estradiol valeate), ditambah 10 tablet salut gula berwarna coklat muda (masing-masing mengandung 2 mg estradiol valerat dan 0,5 mg norgestrel. Obat cyclo-progynova tidak mengganggu atau menghambat masa subur bila digunakan, serta tidak mempengaruhi produksi hormon endogen. Obat ini digunakan untuk mengembangkan dan mengatur siklus haid (wanita muda), dan juga untuk mengatasi haid yang tidak teratur (wanita perimenopause).

Obat cyclo progynova di indikasikan untuk pengobatan gejala-gejala klimakterik seperti gejolak panas, keringat banyak, gangguan tidur dan sklus haid tidak teratur yang disebabkan oleh kekurangan hormon, serta gejala-gejala setelah pengangkatan indung telur (ovarium) atau penyinaran radiologi atas penyakit-penkit bukan karena kanker. Selain itu obat ini digunakan untuk pencegahan dan pengobatan gangguan setelah menopouse akibat menurunnya estrogen, contohnya osteoposis dan peradangan Mrs. V.

 

Dosis dan Cara Pemakaian Cyclo progynova.

Sebelum memulai menggunakan obat ini, harus di pastikan tidak ada kehamilan dan harus juga dilakukan pemeriksaan medis dan ginekologis secara menyeluruh termasuk pemeriksaan nenen.

Dosis harus sesuai dengan petunjuk dokter. Dalam mempermudah pemakaian, setiap kemasan obat cycloprogynova terdapat stiker yang ditandai dengan nama-nama hari. Cara minum tablet selalu dimulai dari blister yang bertanda “Start/Mulai” dan dilanjutan setiap hari mengikuti arah panah hingga seluruh 21 tablet diminum. Tablet diminum bersamaan dengan air secukupnya. Obat ini biasanya di minum pada hari ke-5 siklus haid. Hari pertama siklus haid = hari pertama perdarahan haid.

 

Kontra Indikasi Obat Cyclo progynova.

Terapi sulit hormon (TSH) tidak boleh diberikan pada kondisi-kondisi tertentu, antara lain:

  • Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu bahan obat ini.
  • Hipertrigliseridemia berat.
  • Anak-anak dan remaja.
  • Kehamilan dan laktasi.
  • Perdarahan Mrs. V yang belum diketahui.
  • Diketahui atau diduga kanker nenen.
  • Penyakit hati yang berat.
  • Adanya atau riwayat tumor hati baik jinak maupun ringan.
  • Trombosis vena (bekuan darah pada vena).
  • Stroke (rusaknya sebagian pembuluh darah di otak).
  • Infark miokard (kematian otot jantung).
  • Kelainan tromboemboli (kelainan pada masa nifas).

 

Obat cyclo progynova harus segera dihentikan bila terjadi sakit kepala sebelah (migren) untuk pertama kalinya atau mengalami sakit kepala hebat yang tak biasa, gejala awal trombophebitis atau tromboemboli seperti kaki bengkak atau nyeri pada kaki yang tak biasa, rasa nyeri seperti ditusuk-tusuk saat bernafas atau batuk, terjadinya hepatitis (peradangan hati), terasa gatal pada seluruh tubuh, peningkatan tekanan darah yang tidak spesifik, dan kehamilan.

 

Bila menggunakan kontrasepsi hormonal (seperti Kb suntik, Pil, dan Implan) harus dihentikan ketika memulai penggunaan obat ini dan bila diperlukan penderita dianjurkan untuk menggunakan kontrasepsi non-hormonal (misalnya IUD/spiral).

 

Bila Cyclo-progynova digunakan bersamaan dengan obat lain seperti obat-obatan pemicu enzim hati, dapat mengurangi keefektifan obat ini. Sedangkan bila digunakan bersamaan dengan alk0hol, dapat meningkatkan sirkualasi kadar estradiol.

 

Perlu dingat, bahwa obat cyclo progynova tidak dapat digunakan sebagai kontrasepsi. Sehingga pencegahan kehamilan dapat dilakukan dengan menggunakan metode non hormonal (kecuali atas petunjuk dokter). Tetapi, bila kehamilan sudah terjadi, maka pemakaian obat ini harus segera dihentikan. karena TSH tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

 

Efek Samping Obat Cyclo Progynova.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dalam penggunaan obat ini, antara lain sebagai berikut:

  • Penyumbatan pembuluh darah seperti bekuan darah pada pembuluh vena atau arteri.
  • Penyakit kandung empedu.
  • Demensia (pikun).
  • Kanker nenen.
  • kanker dinding rahim.
  • Tumor hati.

 

Obat cyclo-progynova diproduksi oleh Bayer Weimar GmbH und Co. KG, Weimar – Jerman dan diimpor oleh PT. Bayer Indonesia, Depok – Indonesia.

harga obat ini berkisar antara Rp. 148.225,- (HET).

 

Artikel Rekomendasi:

  • selvya

    Saya udh hmpir 7bln gk mens,stlh trkhr KB suntik 1bln stlh di lepas udh hmpir 7bln gk dpt mens,trs anjuran Dr nya mnum obt ini, tapi udh abs 2dus smpai skrng blm mens jga, di tesfk jga negatif.

    • Terima atas pertanyaannya di perawatankesehatan.com. penggunaan KB hormonal (misalnya KB suntik) itu memiliki efek samping yaitu keterlambatan haid. Hal ini disebabkan karena hormon dalam tubuh teteh telah di acak-acak oleh hormon KB tersebut. Setiap wanita berbeda-beda untuk mengembalikan hormon seperti sebelum menggunakan KB hormonal. Ada yang langsung dapat subur ada juga yang lama hingga bertahun-tahun.

      Sedangkan pemberian obat cyclo progynova ini bertujuan untuk membantu memperbaiki hormon yang berpengaruh untuk membantu menstruasi. Jadi, sebaiknya teteh berkonsultasi secara langsung kembali ke dokter yang telah memberikan resep obat ini agar tidak terjadi kesalahan tafsir. Mengingat efek samping yang mungkin terjadi karena penggunaan obat ini.

      Semoga bermanfaat. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

  • Santika

    Sy pakai ini dari anjuran dokter karena sy mengalami perubahan hormon katanya. Setelah sy minum sudah habis 7pil, setelah haid sy keluar. Yg sy bingungkan, kalau haid sudah berhenti apa pil nya masih diminumkan sampai habis 21pil atau distop saja ya?sy tkt salah karena sy lupa dokternya bilang seperti apa. Thx

    • Terima kasih atas pertanyaannya. obat cyclo progynova mulai di minum pada hari ke 5 siklus haid (hari pertama perdarahan = hari pertama siklus). Minum obat tablet ini dimulai dari blister yang bertanda start/mulai dan dilanjutkan setiap hari mengikuti arah panah sampai seluruh tablet 21 tablet diminum. Jadi, kami sarankan teteh untuk kembali ke dokter yang memberikan obat cyclo progynova ini agar tidak terjadi salah tafsir apa yang sudah direncanakan oleh dokter anda teh. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

  • intan

    Maaf saya mau bertanya, saya d kasih resep ini sama dokter kandungan, karna saya sudah 4 bulan tdk haid, jd katanya untuk bisa haid, pertanyaan saya, itu kn obatnya d minum selama 21 hari, naah kalo sehari lupa d minum, itu gimana yaa ? Apa besoknya d minum langsng 2, atau bagaimana? Trimakasih

    • Terima kasih atas pertanyaannya di perawatankesehatan.com, obat cylco progynova adalah obat yang mengandung 2 hormon yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Bila teteh lupa, maka segera untuk meminumnya 1 aja, tetapi bila lupa hingga 2 hari maka harus mengulangi dari awal lagi. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

  • Mau tanya dong… Saya tanggal 31 jan konsul ke dokter kandungan krn siklus haidnya 40 hari terus sama dokter dikasih obat prothyn diminum selama 5hr, kemudian tgl 10 Feb haid disuruh minum obat cycloprogynova pada hari ke 5 haid. Namun obat nya baru diminum 8x saya sudah haid lg.. Yg mau saya tanyakan, minum obatnya diberhentikan atau lanjut ya? Karena utk Bln berikutnya saya ada dikasih obat lagi clovertil yg diminum hari 3 haid.. Jadi bingung nih, mohon bantuannya. Tks

    • Terima kasih atas pertanyaannya. Karena obat ini mengandung hormon, jadi kami sarankan anda untuk kembali lagi ke dokter yang memberikan resep obat cyclo progynova karena beliau yang bertanggung jawab atas penggunaan obat tersebut. Semoga bermanfaat. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

  • Atie cilucha

    Aku mau tanya juga dong aku siap krguguran haid nya gak teratur slama 1 th.. trus tes darah ternyata hormon dan dikasih cyclo progynova.. gak tau knapa badan aku pada bngkak2 kayak biduran dan gatal bangt krna sakin gk tahan nya aku beli obat biduran minum bya pagi sedangakn obat hormon nya malam… bahaya kan saat minum obat hormon tapi minum obat lain juga.. mohon bantuan nya buat yg tau yaa

    • Terima kasih atas pertanyaan teh… sebaiknya teteh periksa kembali ke dokter yang memberikan obat cyclo progynova ini teh. Dan obat yang teteh minum itu dibawa sekalian. Obat itu semuanya bahaya teh. Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan 🙂

  • Sashy

    Kalau untuk yang belom pernah haid minum ini gimana ya dok? Kakak saya sampai umur 25 tahun belon pernah haid… Apakah bisa konsumsi obat ini? Mohon penjelasan dok… Terimakasih

    • Terima kasih atas pertanyaanya. Kalau belum pernah haid, kami sarankan kakak anda untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan & kandungan. Agar dapat diketahui penyebab belum haid yang dialami kakak anda. Karena obat ini mengandung hormon, mengingat resiko dan efek samping yang akan terjadi bila tidak digunakan dengan tepat. Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan 🙂

  • Real_apriyani

    Apa benar obat cyclo proginova itu bikin efek peminumnya jadi gemuk ya ?? Katanya gitu soalnya saya haid hampir 2 minggu jika hari ke 15 blm berenti saya harus minum cyclo tapi katanya efeksamping terjadi kegemukan ??
    Apa benar ka ??
    Thanks

    • Terima kasih atas pertanyaanya. Namanya juga obat hormon teh, itu bisa membuat para penggunanya menjadi gemuk maupun kurus, bahkan dapat membuat kulit menjadi jelek.. Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan.

  • nci

    aku minum obat cyclo progynova ini ?setiap dpet haid slalu tergantungan sma obat ini cyclo progynova baru aku dpet haid, klo aku ga minum obat ini cyclo progynova ga dpet haid skarang aja aku udh 6bulan blum dpet haid karna aku ga mengonsumsi obat cyclo progynova .
    apakah ada yg tau biiar ga tergantungan obat ini cyclo progynova aku biar lancar haid nya setiap sebulan sekali ( klo ada tolong merapat ke aku / hub ke no aku ini 089626544046 di tunggu ya kbar dari kaLian .

    • Apakah teteh gemuk? obat ini memang berfungsi untuk memperbaiki hormon yang ada didalam tubuh teteh.. kami sarankan teteh untuk berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan & kandungan terdekat… semangat ya teh.. 🙂

  • Iya bisa teh… karena obat ini juga biasanya digunakan untuk melancarkan siklus haid,,,,

  • sinthya

    Setelah saya baca artikel tentang obatnya..
    Ada yg sy mau tanyakan..
    Bisa kah obat ini membuat haid wanita ?
    Karna setelah sya periksa k dokter sya di beri resep ini..
    Sedangkan sya blum haid slma 4 bln ??

  • selly suparman

    saya kna flek 2 minggu dan setelah di periksa ke dokter kandungan saya diberikan cyclo progynova..
    dari awal saya konsum, lidah saya kelu dan banyak mengeluarkan air liur..in hari ke 4 saya konsum dan sekarang terhadi pembengkakan disekitar rahang kanan tepat didepan bawah daun telinga…dan saya juga sering merasa lemas…
    apa harus di hentikan konsumsinya??

    • Itu bisa saja krn alergi terhadap obat trsebut, coba teteh konsul lg ke dokter kandungan nya,, siapa tau obatnya bisa diganti dgn merk lain..

      • vinda

        Saya diberikan obat cyclo progynova oleh dokter karena pendarahan yang terus menerus. Tapi saat ini saat sedang menyusui anak saya yg berumur 1 tahun 4 bulan. Setelah hari pertama minum, anak saya tiba2 kakinya pada bengkak2 dan digaruk2 hingga berdarah. Saya harus gimana?

        • Terima kasih atas pertanyaannya di perawatankesehatan.com. Seperti yang kami sampaikan diatas bahwa obat ini tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui (kecuali atas petunjuk dokter). Jadi, Agar tidak terjadi kesalahpahaman, kami sarankan teteh untuk segera pergi ke dokter yang memberikan resep obat ini.

          Terima kasih. Salam dari Tim Perawatan Kesehatan 🙂