Obat Flu Nipe Drop untuk Anak: Kegunaan, Dosis, Efek Samping dan Harga

Obat flu nipe drop untuk anak

Obat flu nipe drop untuk anak c A3/perawatankesehatan.com

Dear Sejawat se-tanah air, Bolehkah memberikan obat flu nipe drop untuk anak? Bagi teman sejawat yang sedang mencari informasi tentang obat flu untuk anak, maka obat flu nipe drop untuk anak dapat dijadikan pilihan. Obat flu berbentuk drop ini tentu memiliki beberapa kontra indikasi dan efek samping yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam pemberian obat. Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan orang tua/keluarga pasien terkait obat ini yaitu bisakah obat ini digunakan sebagai obat flu untuk bayi dan anak? Bagaimana cara penggunaan, dosis dan efek samping obat flu nipe drop? Dan berapa harga obat flu nipe drop ini?

 

Farmakologi Obat Flu Drop untuk Anak

Jangan sembarangan memberikan obat untuk anak! Sebab, bila salah dalam pemberian bukan tidak mungkin obat yang diberikan justru malah memberikan efek buruk terhadap anak tersebut. Obat flu nipe drop memiliki kandungan acetaminophen merupakan analgesic-antipiretik, Isothipendyl HCIl merupakan antihistamin dan Phenylephrine HCI merupakan dekongestan untuk saluran pernafasan bagian atas.

 

Bagi teman sejawat yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang obat ini baik kandungan dan manfaatnya, maka langsung saja simak informasi berikut ini.

 

» Komposisi Obat Batuk Flu Nipe Drop untuk Anak

Obat ini terbuat dari bahan-bahan yang dapat membantu mengobati gejala-gejala influenza terutama untuk anak diatas usia 2 tahun. Setiap 1 ml obat ini mengandung:

  • Acetaminophen 120.0 mg
  • Isothipendyl HCI 1.0 mg
  • Phenylephrine HCI 1.0 mg

 

» Kegunaan Obat Flu Nipe Drop

Obat flu nipe untuk anak memiliki sifat analgesic-antipiretik, antihistamin dan dekongestan digunakan untuk mengobati gejala-gejala influenza seperti demam, sakit kepala, pilex dan nyeri otot. Selain itu, nipe drop juga dapat membantu melegakan hidung yang tersumbat akibat lendir. Dengan bantuan obat ini akan lebih mudah lendir di keluarkan sehingga saluran nafas menjadi tidak tersumbat.

 

» Indikasi Obat Flu Nipe Drop untuk Anak

Obat ini digunakan untuk mengobati bayi dan anak yang mengalami gejala-gejala influenza seperti:

  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Pilek.
  • Nyeri otot.

Selain itu, obat ini juga membantu melegakan hidung tersumbat.

 

» Kontra Indikasi Obat Flu Nipe Drop

Obat ini tidak boleh diberikan pada bayi atau anak yang menderita sebagai berikut:

  • hipersensitif terhadap satu atau lebih dari bahan obat ini.
  • Asma.
  • Kencing manis.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kelainan jantung.
  • Kelainan fungsi tiroid.

 

» Dosis Obat Flu Nipe Drop untuk Anak

Dosis obat ini harus sesuai resep dokter. Adapun dosis yang tertera pada kemasan obat ini yaitu:

  • Anak-anak berusia usia 2 – 6 tahun dianjurkan mengkonsumsi obat ini sehari 3-4 kali, 1-2 ml.
  • Untuk anak-anak berusia 6 tahun keatas, minum sehari 3-4 kali, 2-4 ml.

 

» Cara Penggunaan Obat

bayi dan anak diberikan dosis sesuai dengan aturan yang berlaku dan berhenti penggunaan apabila sudah sembuh atau gejala tidak berkurang selama 3 hari penggunaan obat ini. Perlu diingat, obat ini dapat diberikan Bersama air, susu, juice buah atau minuman ringan. Penting diingat! Bahwa obat ini tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang lama.

 

» Cara Penyimpanan Obat

Simpan di tempat kering dan sejuk (15-20 derajat Celcius).

 

» Efek Samping Obat Flu Nipe Drop untuk Anak

Seperti halnya obat lainnya, obat ini juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin terjadi diantaranya:

Pada kasus yang jarang dapat terjadi gelisah, susah tidur, sakit kepala, mual dan iritasi pada lambung. Sedangkan bila digunakan pada dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

 

» Interaksi Obat

Dengan amphetamine atau propanolamine terjadi efek sinergik, khususnya pada penderita tekanan darah tinggi, dapat terjadi tekanan darah tinggi yang serius atau kemungkinan stroke. Inhibitor mono amin oksidasi mengantagonis kerja obat ini.

Baca juga: Obat Bepanthen | Salep Bayi Ruam Popok

 

» Peringatan dan Perhatian

Hati-hati bila obat ini diberikan kepada penderita dengan kelainan fungsi ginjal atau glaucoma.

Tidak dianjurkan penggunaan kepada anak-anak dibawah usia 2 tahun, wanita hamil dan menyusui kecuali atas petunjuk dokter.

Hentikan penggunaan obat bila terjadi susah tidur, gelisah, jantung berdebar-debar atau sakit kepala.

Bila setelah 2 hari demam tidak kunjung menurun arau setalah 5 hari nyeri tidak hilang, maka segera hubungi dokter atau unit pelayanan kesehatan terdekat.

Bila anak merasa mengantuk, jauhkan dari jalanan dan mesin-mesin.

Tidak boleh menggunakan dosis lebih besar dari yang disarankan oleh dokter.

 

» Kemasan dan Harga Obat Flu Nipe Drop

Obat ini berbentuk cair atau drop, di produksi oleh PT. Mugi Laboratories – Bekasi – Indonesia dan dipasarkan oleh PT. Transfarma Medica Indah. Kemasan botol 15 ml tersedia di apotik atau toko obat terdekat. Harga perbotol obat ini dibanderol Rp. 79.200,- (HET)

 

Bagi setiap orang tua bila anaknya sakit pasti menimbulkan kecemasan. Kesehatan anak menjadi prioritas. Oleh Karena itu, segera bawa anak ke dokter atau unit pelayanan kesehatan terdekat agar mendapatkan penanganan yang tepat.