Obat Sanmol | Paracetamol

sanmol, paracetamol

Sanmol mengandung paracetamol 500 mg.

PerawatanKesehatan.com – Setiap tablet sanmol mengandung parasetamol 500 mg. Paracetamol merupakan salah satu obat yang populer dikalangan masyarakat, sebagai obat pereda nyeri dan penurun panas. Paracetamol digunakan sebagai analgesik (anti nyeri), yaitu bekerja dengan cara meningkatkan ambang rasa sakit. Sedangkan sebagai antipiretik (penurun panas), yaitu bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus.

 

Sanmol di indikasikan untuk meringankan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi dan membantu menurunkan demam. Akan tetapi, obat ini tidak boleh digunakan pada penderita dengan gangguan fungsi hati yang berat atau yang hipersensitif terhadap paracetamol.

 

Dosis Dan Cara Pemakaian Sanmol (Paracetamol).

Dosis penggunakan paracetamol biasanya di tentukan oleh dokter. Karena obat paracetamol termasuk obat yang harus tersedia di rumah, maka kami berikan dosis yang tertera di kemasan obat ini, yaitu:

  • Dewasa = 1 tablet, 3 – 4 kali perhari.
  • Anak berusia 6-12 tahun = 1/2 – 1 tablet, 3-4 kali sehari.

Untuk anak berusia di bawah 6 tahun, ibu hamil dan menyusui harus berkonsultasi dulu ke unit pelayanan kesehatan keluarga anda.

 

Efek Samping Sanmol (Paracetamol).

Seperti halnya obat-obatan lainnya, paracetamol juga memiliki efek samping. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Reaksi hipersensitif.
  • Dapat menyebabkan kerusakan hati bila digunakan dalam jangka panjang dengan dosis yang tinggi.

 

Hati-hati, pemakaian paracetamol pada penderita penyakit ginjal.

Bila sanmol digunakan bersamaan pada penderita yang mengkonsumsi aIkohol, dapat memicu resiko tinggi terjadinya kerusakan fungsi hati.

Bila mengkonsumsi obat ini selama lebih dari 2 hari, tetapi demam tidak  menurun atau setelah 5 hari nyeri tidak menghilang. Segera hubungi unit pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Sanmol ® dibuat oleh PT. Caprifarmindo Labs, Bandung – Indonesia untuk dipasarkan oleh PT. Sanbe Farma, Bandung – Indonesia. Setiap kemasan paracetamol isi catch cover @ 4 tablet.

Harga obat ini berkisar antara Rp. 1.375,- (HET).

 

Artikel Rekomendasi:

Reply