Obat Ultraproct N | Supositoria

obat ultraproct N supositoria

Gambar 1. Ultraproct N Supositoria.

PerawatanKesehatan.com – Setiap 1 supositoria obat ultraproct mengandung fluokortolon pivalat 1 mg dan lidokain hidroklorida 40 mg. Obat ultraproct digunakan untuk mengobati proses peradangan pada rektum (tempat penyimpanan feses) bagian bawah dan di daerah sekitar dubur yang teruma disebabkan oleh wasir/ambien. Selain berbentuk supositoria. namun, bila untuk mengatasi gejala-gejala peradangan pada daerah yang saedang diobati dapat menggunakan ultraproct N krim.

Perlu diketahui, bahwa obat ini tidak dapat menghilangkan penyebab wasir. namun, cocok untuk digunakan pada pengobatan persiapan sebelum operasi pengangkatan wasir (hemorhoidektomi atau hemorhoidolisis) dan untuk pengobatan setelah operasi.

Kombinasi antara bentuk obat supositoria dengan krim hanya dianjurkan pada penderita yang dimana mengeluh wasir yang disertai dengan peradangan dan eksim (kelainan kulit).

 

Obat ultraproct digunakan untuk pengobatan wasir, peradangan lapisan rektum, infeksi disekitar rektum dan dubur, kelainan pada dubur, serta perawatan sebelum dan sesudah operasi.

 

Dosis Dan Cara Pemberian Obat Ultraproct.

Sebelum menggunakan obat ini, daerah dubur harus dibersihkan terlebih dahulu dan sebaiknya dipakai sesudah buang air besar (BAB). Dosis pemakaian harus sesuai petunjuk dokter, karena lamanya pengobatan tidak boleh melebihi 1 bulan.

Umumnya, satu ultraproct supositoria dimasukkan sampai jauh ke dalam dubur dua kali sehari (pagi dan sore hari). Tetapi untuk nyeri hebat, dapat dilakukan tiga kali sehari untuk tiga hari pertama saja. Setelah kondisi membaik, pada beberapa kasus satu supositoria diberikan satu hingga dua kali perhari sudah cukup.

 

Efek Samping Obat Ultraproct.

Seperti halnya obat supositoria lainnya, beberapa efek yang mungkin muncul karena penggunaan obat ini. Diantaranya adalah:

  • Rasa seperti terbakar di daerah sekitar dubur.
  • Reaksi alergi pada kulit.
  • Iritasi kulit.
  • Atropi kulit (penipisan kulit).

 

Obat ultraproct tidak boleh digunakan pada proses-proses tuberkulosis maupun sifilis pada daerah yang akan diobati dan penderita penyakit virus (seperti cacar air, vaksinia/infeksi) serta penderita yang hipersensitif terhadap salah satu bahan obat ini.

 

Obat ultraproct ® N Supositoria diproduksi oleh Istitudo de Angeli SRL, Italia untuk Intendis manufacturing SpA, Milan – Italia. Diimpor oleh PT. Bayer Indonesia, Depok – Indonesia.

Harga obat 1 box berisi 6 supositoria belum kami ketahui secara pasti.

 

Artikel Rekomendasi: