8 Faktor Penyebab Luka Lama Sembuh

luka lama sembuh

Gambar 1. Luka.

PerawatanKesehatan.com – Pada tulisan ini akan dibahas tentang 8 faktor penyebab luka lama sembuh. Pengertian luka adalah rusak atau hilangnya kesatuan jaringan tubuh yang disebabkan kerena trauma benda (tajam/tumpul), perubahan suhu, ledakan, zat kimia, sengatan listrik dan gigitan binatang [1]. Ketika luka timbul, ada beberapa efek yang akan muncul diantaranya adalah hilangnya sebagian maupun seluruh fungsi organ, reaksi stress, tercemar bakteri, kematian sel, perdarahan dan pembekuan darah.

Secara umum tubuh normal akan bereaksi terhadap cedera dengan jalan “proses peradangan”, yang dikarakteristikan dengan lima tanda utama yaitu bengkak, kemerahan, panas, nyeri, dan kerusakan fungsi.

 

 

Faktor Penyebab Luka Lama Sembuh.

#1. Usia.
Semakin tua usia korban maka akan menurunkan kemampuan penyembuhan jaringan, sehingga memperlambat proses penyembuhan luka.

#2. Infeksi.
Infeksi tidak hanya menghambat proses penyembuhan luka tetapi dapat juga menyebabkan kerusakan pada jaringan sel serta akan menambah ukuran dari luka itu sendiri, baik panjang maupun kedalaman luka.

#3. Bekuan darah.
Bila terdapat bekuan yang besar maka hal ini akan menghambat darah pada luka diserap oleh tubuh, sehingga menghambat proses penyembuhan luka.

#4. Hipovolemia (kekurangan volume cairan).
Kurangnya volume darah mengakibatkan berkurangnya ketersediaan oksigen dan zat-zat penting untuk penyembuhan luka. (Baca juga: mengenal istilah syok hipovolemik)

#5. Iskemia.
Iskemia adalah suatu kondisi dimana terdapat penurunan pasokan darah pada bagian tubuh akibat penyempitan dari aliran darah. Kondisi ini dapat disebabkan karena balutan pada luka yang terlalu ketat.

#6. Diabetes (kencing manis).
Hambatan terhadap proses untuk membuat dan mengeluarkan hormon insulin akan mengakibatkan peningkatan gula darah, sehingga nutrisi tidak dapat masuk ke dalam sel. Selain itu kondisi ini akan menyebabkan penurunan protein dan kalori dalam tubuh.

#7. Benda asing.
Benda asing seperti pasir, bakteri, dan kuman akan menyebabkan terbentuknya suatu penumpukan nanah (abses) sebelum benda tersebut diangkat.

#8. Pengobatan.
Pengobatan yang kurang tetap dapat mengakibatkan perdarahan dan peradangan, sehingga proses penyembuhan luka akan semakin lama.

 

Proses Penyembuhan Luka.

Luka dikatakan sembuh bila terjadi penyambungan antar lapisan kulit dan kekuatan bekas luka tersebut tidak mengganggu dalam melakukan aktifitas normal. Proses penyembuhan luka pada setiap orang (korban) itu sama tetapi hasil yang dicapai sangatlah berbeda, tergantung pada kondisi masing-masing individu, lokasi serta luasnya luka. Untuk mempercepat penyembuhan luka maka perlu memperhatikan juga apakah terdapat penyakit penyertanya. Luka akan cepat sembuh bila faktor-faktor penyebab luka lama sembuh dan penyakit penyerta juga diatasi. Misalnya penyebab luka lama sembuh pada pasien yang kurang gizi disertai penyakit sistemik (diabetes) akan lebih lama mencapai proses penyembuhan dibandingkan dengan pasien yang muda dan sehat.

 

Referensi.

  1. Modul Basic Trauma Cardiac Life Support Edisi revisi, AGD Prov DKI Jakarta, 2012.

Baca juga selanjutnya: Datangi rumah sakit, beresiko terkena infeksi nosokomial.

2 Comments

Reply