Perkembangan Janin Usia 13-24 Minggu (Trimester II)

PerawatanKesehatan.com – Sebelumnya kami ucapkan selamat atas kehamilan anda, kini kehamilan sudah berada di trimester ke-2 , fase dimana ibu mulai merasa nyaman dalam menjalani kehamilan karena rasa mual & mutah sedikit demi sedikit sudah mulai berkurang.

Selain itu, banyak juga perubahan yang pasti ibu rasakan yaitu perasaan cemas sudah mulai hilang, ibu sudah mulai bisa nenerima kehamilan dengan senang hati, rasa malas juga sudah mulai berkurang, kini ibu sudah mulai bisa mengerjakan pekerjaan ibu sehari-hari dengan baik, dan  nafsu makan juga mulai meningkat.

Selain itu kehamilan juga selalu di ikuti dengan perubahan tubuh, Mulai dari perut yang membuncit dan berat badan yang semakin naik karena perkembangan janin, hingga terjadi beberapa masalah yang umumnya dialami dan merisaukan ibu hamil.
Perubahan tubuh dan beberapa masalah yang mengikutinya memang sering kali membuat ibu hamil tidak nyaman, namun itu biasa terjadi akibat dari perubahan hormon kehamilan. Sehingga ibu tidak perlu cemas berlebihan , karena hal itu bisa diatasi dengan mengenali penyebab dan tips mengatasinya.
dengan tujuan agar ibu tetap bisa menikmati kehamilan dengan sehat, nyaman dan tetap cantik.
Sebagai calon ibu terutama pasangan yang baru saja menikah atau baru pertama kali hamil, anda pasti sering penasaran dengan kehamilan yang kini jalani. Di usia kehamilan anda sekarang kira-kira janin anda sudah seberapa besar perkembangannya dan sudah bisa apakah ia??
Disini Tim perawatan kesehatan akan berbagi ilmu yang kami ketahui tentang perkembangan janin di trimester 2 (usia 13 – 24 minggu).

Minggu ke-13.
Pada minggu ke 13 , diakhir trimester pertama dan diawal trimester kedua ini plasenta mulai berkembang, menyediakan oksigen, nutrisi, dan sebagai perantara untuk pembuangan sampah dari tubuh janin. kelopak mata janin mulai merapat guna melindungi matanya yang sedang berkembang. Kepalanya mulai membesar lebih cepat dari bagian tubuh lainnya dan sudah dapat bergerak memutar. Badan membesar mengejar pembesaran kepala. wajah mula bereaksi seperti mengernyitkan dahi dan bibir mulai membuka dan menutup.

Minggu ke-14.
Pada minggu ke 14 kini panjang janin sudah mencapai 80 – 110 mm atau 8 -11 cm, berat normal 25 gram. Leher semakin panjang dan kuat sehingga tubuhnya bisa lebih tegak. Lanugo atau rambut halus pelindung kulitnya mulai tumbuh. Kelenjar prostat bayi laki-laki berkembang dan ovarium bayi perempuan turun dari rongga perut ke panggul. Tangan dan kaki sudah lengkap, tungkai berkembang lebih panjang dari tangan.

Minggu ke-15.
Minggu ke 15 lapisan lemak mulai tumbuh dan berkembang untuk nengatur metabolisme tubuh janin. Sistem peredaran darah makin sempurna, janin bisa menelan air ketuban dan mengeluarkan air seni melalui saluran kencing.

 Video USG kandungan 15 minggu.

Minggu ke-16.
Pada minggu ke 16 janin telah terbentuk seutuhnya. Panjang tungkai kaki dan lengan mulai seimbang. Posisi daun telinga mula sempurna bakal sidik jari mulai terbentuk, antibodi (daya tahan tubuh) mulai terbentuk pula. jika ini kehamilan kedua gerakan janin sudah mulai terasa sedangkan jika kehamilan pertama gerakan janin akan terasa pada minggu ke 18 sampai minggu ke 20.

Minggu ke-17.
Pada minggu ke 17, plasenta sudah lengkap dan berfungsi sempurna yaitu memberi makanan dan oksigen ke janin. Pendengaran berkembang kini saatnya memberikan stimulasi musik klasik atau ibu dan ayah dapat mengajaknya berbicara.

Minggu ke-18.
Pada minggu ke 18 sel saraf pengindraan seperti perasa , penglihatan , pendengaran , penciuman dan perabaan sudah berkembang sempurna. Perkembagan otak pun meningkat kini janin dapat merasakan apa yang ibunya rasakan seperti senang, sedih maupun stres.

Minggu ke-19.

Pada minggu ke 19, diusia ini berat janinpun bertambah kini beratnya menjadi 300 gram. Sistem saraf mulai sempurna ditandai dengan adanya cairan orak untuk melindungi jaringan otak.

Minggu ke 20.
Pada minggu ke 20 organ hati berfungsi janin dapat memproses bilirubin dan mengeluarkannya dari tubuh. Kelopak mata dan alis makin sempurna dan sudah ada refleks berkedip. Rambut dikepala mulai tumbuh sesuai gen orang tuanya.
Minggu ke-21.
Pada minggu ke 21 Laju pertumbuhan menurun organ tubuh sudah terbentuk semua hanya tinggal penyempurnaan. Organ pankreas sudah berfungsi namun sistem pernafasan belum dapat menangkap oksigen dan menyalurkan ke darah sebab pembuluh halusnya belum banyak. Mata terbentuk tapi iris matanya masih kurang pigmen. Bakal gigi susu sudah terbentuk.

 Minggu ke-22.
Pada minggu ke 22 wajahnya mula gemuk dan organ wajah mulai terlihat dengan jelas. Ukuran kepala masih lebih besar dari ukuran tubuh. Kantung udara di paru – paru mula terbentuk sebagai bekal setelah lahir.

Minggu ke-23.
Pada minggu ke 23 kini berat janin sudah mencapai 700 gram dan penampilannya sudah seperti bayi. Reflek menggenggam makin kuat , dan ia juga sudah dapat menghisap jari tangannya yang berati indra pengecap sudah berfungsi.

Minggu ke-24.
Pada minggu ke 24 jumlah cairan ketuban makin bertambah hingga 400 ml semakin siap untuk melindungi janin. Tulang belakang janin semakin kuat , kuku jari tangan mulai muncul dan ia sudah dapat merespon suara berupa gerakan.

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 perubahan selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan dan komplikasi kehamilan/ Rusmalia B. Salman. Jakarta: Penerbit Pustaka Kemang, 2016.

Reply