Perkembangan Janin Usia 1-12 Minggu (Trimester I)

PerawatanKesehatan.com – Dear calon bunda…Sebelumnya kami ucapkan selamat ya bunda atas kehamilannya. Kini pasti perasaan bunda bercampur aduk seperti halnya gado-gado antara perasaan senang, bahagia, cemas dan rasa ingin tahu yang tinggi tentang kehamilan yang semakin tinggi.
Kami berharap bunda  senantiasa menjaga kehamilan dengan sebaik – baiknya. Mengingat keturunan adalah anugrah terindah yang berikan Allah s.w.t kepada hamba-Nya. Jangan lupa !! untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan baik di dokter spesialis kebidanan & kandungan maupun di bidan terdekat setiap bulannya atau jika ada keluhan.
Kami juga berharap bunda tidak cemas ataupun takut bila mengalami mual & muntah. Selama tidak berlebihan, mual dan muntah yang biasa terjadi selama kehamilan di trimester 1 (3 bulan pertama) itu hal yang normal. Tetapi dianjurkan untuk makan sedikit demi sedikit tapi sering untuk menjaga kestabilan nutrisi bagi sang ibu dan janin. Selain itu kurangi konsumsi makanan yang meningkatkan rasa mual. Konsumsi makanan yang sehat & bergizi seperti ikan segar, daging segar, buah-buahan dan sayuran, telur dan makanan sehat lainnya. Kurangi mengkonsumsi makanan siap saji karena biasanya makanan siap saji biasanya banyak mengandung bahan pewarna dan pengawet yang dapat mengganggu tumbuh kembang sang janin. Tetap semangat dan ciptakan suasana dan llingkungan yang senyaman mungkin untuk dapat mengurangi rasa stress. Dan bila harus bekerja, maka bekerjalah sewajarnya, kurangi beban kerja dan aktifitas yang berat, kurangi fikiran serta beristirahatlah sebelum lelah.
Disini Tim Perawatan Kesehatan akan mengajak para calon ayah dan bunda untuk mengintip perkembagan janin usia 1 – 12 minggu.
Mengetahui perkembangan janin dalam kandungan tentu membuat penasaran bagi calon orang tua. berbagai pertanyaan dalam benak kita pun muncul , sudah bisa apa sajakah ia? sudah sebesar apakah ukuran ia? Sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan , pertumbuhan janin dalam kandungan pun bertambah dari waktu ke waktu. Pada saatnya calon ibu pun dapat merasakan gerakan lembutnya seperti menendang. Dia pun sudah bisa merasakan sentuhan meskipun dari luar perut dan mendengar suara ibunya setiap saat.

Perkembangan Janin Dari Minggu ke 1 – 12 (Trimester I).

Minggu ke-1.
Pada minggu kesatu, Zigot terbentuk dan membelah diri menjadi 2 sel dan seterusnya tanpa henti dan berbentuk mirip anggur hingga menjadi embrio yang akan melekat pada dinding rahim.
Minggu ke-2.
Pada minggu kedua, ukuran embrio sekitar 0,1-0,2 mm yang terdiri dari lapisan sel yaitu ectoderm dan entoderm yang akan menjadi cikal bakal organ tubuh. Ketika inilah kehamilan mulai terdeteksi melalui hormon HCG dalam darah.
Minggu ke-3.
Pada minggu ketiga, bakal sistem pembuluh darah, sistem syaraf, jantung dan mata sudah mulai terbentuk. Materi genetik mulai terbentuk dari kromosom ayah dan ibunya seperti warna rambut, bentuk mata dan kecerdasan.
Minggu ke-4.
Pasa minggu keempat, ia berubah dari bundar menjadi lonjong seperti manusia dengan panjang 6 mm. Jantung mulai berdenyut, bakal otak mulai berfungsi, calon tulang belakang mulai menebal dan kaki tangan mulai terbentuk.
Minggu ke-5.
Pada minggu kelima, panjangnya sudah mencapai 11-12 mm dan berat normalnya 13 gram. Gumpalan tangan dan kaki bertambah panjang, otak mulai terbentuk. Bintik hitam cikal bakal mata mulai terbentuk termasuk hidung dan bibir. Selain itu, lapisan kulit juga sudah mulai terbentuk.
Minggu ke-6.
Pada minggu keenam, kedua gumpalan cikal bakal tangan kini sudah menyerupai 5 jari. Ia sudah mulai mampu untuk menggerakkan tangan dan kepalanya secara perlahan. Pada minggu ini, sel-sel yang akan membentuk jenis kelamin juga sudah mulai bekerja.
Minggu ke-7.
Pada minggu ke-tujuh, berat janin berkisar antara 13-15 gram. Mulai tampak rongga mulut dengan cikal bakal gigi dan sel yang akan menjadi lidah. Ukuran otak mulai meningkat, tulang rawan & keras sudah mulai terbentuk, ia tidak lagi berupa embrio tetapi telah berubah menjadi fetus/janin.
Minggu k-8.
Pada minggu ke-delapan , jantungnya mulai lengkap dengan 4 rongga dan katup. Tonjolan yang berbentuk paru-paru, saluran ginjal, saluran kencing , alat kemaluan dan anus mulai berkembang.
Minggu ke-9.
Pada minggu ke-sembilan, Jenis kelamin janin sudah dapat diketahui melalui pemeriksaan USG (Ultrasonografi). Frekuensi menelan 25 kali perjam, tangan mulai bergerak bebas, kuku jari dan tangan mulai muncul, kulit mulai terbentuk dan berfungsi mendekati sempurna.
Minggu ke-10.
Pada minggu ke-sepuluh, jenis kelamin perempuan mulai teridentifikasi minggu ini, Sistem otot dan syaraf sudah matang. Sudah dapat melakukan sistem refleks karena saraf sudah mulai sempurna, itu sebabnya ia mulai dapat menendang.
Minggu ke-11.
Pada minggu ke-sebelas, rambut, kuku jari tangan dan kaki sudah mulai tumbuh. Makin mampu melakukan gerakan seluruh tubuh serta dapat mengubah posisi tubuh dengan cara berputar.
Minggu ke-12.
Minggu ke-dua belas, struktur yang terbentuk mulai berkembang. Ibu dapat mendengar denyut jantung janin dengan alat fetal dophtone. Sistem rangka tubuh mulai mempunyai pusat pembentukan tulang. Dan kini Trimester 1 sudah mulai berakhir, ibu sudah mulai dapat menerima kehamilannya karena di minggu ini biasanya rasa mual dan muntah mulai berkurang, nafsu makan mulai meningkat, perasaan cemas ibu mulai hilang. Dan sang ibu sudah mulai merasakan nikmatnya mengandung.
Janin dapat tumbuh dan berkembang secara normal sesuai dengan usia kehamilan sesuai dengan teori yang sudah di jelaskan apabila nutrisi ibu terpenuhi dengan baik dan tidak ada masalah pada tumbuh kembang sang janin baik dari dalam kandungan maupun dari luar. Oleh karena itu pola hidup sehat sangat berpengaruh pada tumbuh kembang sang janin.
cukup sekian dari kami semoga bermanfaat. Terimakasih..

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 perubahan selama hamil: menghilangkan kecemasan saat persalinan dan komplikasi kehamilan/ Rusmalia B. Salman. Jakarta: Penerbit Pustaka Kemang, 2016.

Reply