Perkembangan Janin Usia 25 – 36 Minggu (Trimester III)

PerawatanKesehatan.com – Mengetahui perkembagan janin dalam kandungan tentu membuat penasaran apalagi pada kehamilan pertama, dimana seorang wanita belum pernah mengalami kehamilan sebelumnya. Rasa penasaran yang tinggi akan membuat anda bertanya – tanya sudah bisa apakah ia di dalam? & sudah seberapakah besarnya?

Rasa penasaran yang tinggi mendorong ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG kandungan agar mengetahui perkembagan janinnya, dari Pemeriksaan USG kandungan biasanya perkembangan janin akan sangat terlihat jelas setiap minggunya di bandingkan dengan pemeriksaan sederhana misalnya palpasi leopold. Sehingga sangat dianjurkan untuk ibu hamil memeriksakan kehamilannya dengan USG kandungan minimal 4 kali selama hamil, yang di bagi 1 kali di Trimester pertama, 1 kali di trimester ke 2 dan 2 kali di trimester ke 3.
Bertambahnya usia kehamilan , pertumbuhan janin pun akan bertambah dari waktu ke waktu dari berat maupun besarnya.
Di trimester ke 3 ini ibu juga akan mulai merasa perut semakin membesar sehingga badan terasa berat, pinggang nyeri dan kadang ekstremitas bawah (kaki) sedikit bengkak. Maka dari itu untuk mempersiapkan persalinan & menjaga agar ibu tetap sehat di kehamilan yang sudah berada di trimester 3 ini sebaiknya ibu mengimbanginya dengan olah raga ringan secara teratur misal jalan kaki dipagi hari, senam hamil maupun yoga.

Pada saatnya calon ibu pun dapat merasakan gerakan-gerakan lembut janin seperti menendang dan lain sebagainya. janin pun sudah dapat merasakan sentuhan dari luar perut ibunya dan mendengar suara ibu atau pun orang yang mengajaknya berbicara di dekat perutnya.
Berhubungan dengan rasa penasaran anda tentang perkembagan janin, disini Tim Perawatan Kesehatan akan membahas tentang perkembangan janin usia 25 – 36 minggu (trimester 3).

 

Perkembangan Janin Usia 25 – 36 Minggu (Trimester 3)

Minggu ke-25.
Pada inggu ke 25, kini otak depan janin berkembang dengan sangat pesat, kelopak matanya pun perlahan dapat membuka, retina sudah terbentuk & pendengaran makin baik meskipun lubang telinga masih tertutup lapisan yang menyelubungi permukaan kulit.
Minggu ke-26.
Pada minggu ke 26, denyut jantung janin makin jelas terdengar dengan menggunakan alat dopler maupun USG, dan nafas janin sudah mulai teratur.
Minggu ke-27.
Pada minggu ke 27, kulitnya makin halus dan sudah tidak ada keriputan lagi. Janin makin tumbuh membesar panjangnya sudah mencapai 26 cm dan berat normal 1200 gram. Ibu akan mulai sering merasakan gerakan janin karena mulai di usia 27 minggu ini janin akan mulai sering bergerak seperti menendang dan meluruskan tangan maupun kaki. Matanya pun semakin sensitif terhadap cahaya.
Minggu ke-28.
Pada minggu ke 28, pada janin perempuan klit0ris/organ sksuaI mulai terlihat menonjol. Bibir dalam kemaluan belum sempurna hingga belum mampu menutup klit0ris. Sedangkan pada janin laki-laki, buah zakar mulai menjadi skortum. Mata lebih sering membuka dan tulang sumsum sudah berfungsi sel darah merah.
Minggu ke-29.
Pada minggu ke 29, organ mata sudah mulai dapat mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke mata, sehingga penglihatan janin kini lebih fokus.
Minggu ke-30.
Pada minggu ke 30, pupil mata mulai bekerja seperti mengecil saat menerima cahaya yang silau, Kuku jari tangan & kaki tumbuh lengkap. Janin mulai memutar tubuh kepala menghadap ke rahim untuk persiapan kelahiran.
Minggu ke-31.
Pada minggu ke 31, warna kulit kian memerah karena makin banyak lemak terbentuk di bawah kulit. Karena perkembangan tulang makin sempurna, ia sudah dapat menyimpan zat besi, kalsium, dan fosfor. Dan kini janin mampu mengatur suhu tubuhnya.
Minggu ke-32.
Pada minggu ke 32, Minggu ini tubuh mulai proporsional, kuku makin tajam, sambungan lempeng tulang tengkorak terus berkembang sementara tulang lainnya sudah mengeras.
Minggu ke-33.
Pada minggu ke 33, Janin mulai menghasilkan zat penting untuk perkembagan paru – paru. Buah zakar janin laki-laki mulai menempati kantung zakar. Kulit menjadi merah muda akibat pembuluh darah sangat dekat dengan permukaan kulit.
Minggu ke-34.
Pada minggu ke 34, Minggu ini tangan, kaki, betis, leher dan pinggang terlihat gemuk dengan lipatan lemak. Wajahnya makin ekspresif, lebih sering terjaga ,dan geraknya makin banyak.
Minggu ke-35.
Pada minggu ke 35, Organ paru-paru sudah matang , & jari mulai mengepal.
Minggu ke-36.
Pada minggu ke 36 , Minggu ini lingkar perut sedikit lebih besar dari lingkaran kepala. Normalnya Posisi kepala sudah dibawah & bokong berada di  bagian atas perut ibu. Tungkai tangan & kaki mulai tertekuk karena ruang gerak makin sempit dan siap untuk lahir.

Referensi.

  1. Rusmalia M. Salman. 30 perubahan selama hamil : menghilangkan kecemasan saat persalinan & komplikasi kehamilan/ Rusmalia B. Salman. Jakarta : Penerbit Pustaka Kemang, 2016.

Reply