Proses Kehamilan Pada Trimester Pertama, Kedua, dan Ketiga

PerawatanKesehatan.com – Proses kehamilan adalah ketika seorang wanita membawa janin di dalam tubuhnya setelah terjadi pembuahan antara sel sperma dengan sel telur yang telah matang. Wanita berusia 20-30 tahun merupakan usia aman untuk kehamilan dan kelahiran. Dalam proses kehamilan dibagi menjadi tiga trimester, yaitu trimester 1, 2 dan 3. Trimester adalah periode waktu tiga bulan kalender. (Baca juga: proses terjadinya kehamilan wanita)

 

Proses Kehamilan Pada Trimester Pertama (Bulan ke 1-3).

Pada trimester I disebut juga dengan masa sebelum lahir. Pada masa ini mulai terjadi pembentukan-pembentukan berbagai organ dari sel yang berkembang menjadi jaringan kemudian berakhir menjadi organ yang sempurna. Minggu kedua akhir setelah pembuahan akan terbentuk diskus embrional yang merupakan dasar pembentukan bakal janin (embrio). Selain itu organ-organ penting sudah mulai terbentuk dan denyut jantung janin (DJJ) sudah mulai bekerja sejak berusia 4 minggu. Setelah akhir masa ini jenis keIamin janin  sudah dapat dibedakan.

Proses Kehamilan Pada Trimester Kedua (Bulan ke 4-6).

Pada trimester II disebut juga dengan masa janin dini. Pada masa ini beberapa organ sudah selesai dalam pertumbuhannya dan mulai berfungsi. Pada masa ini janin pun sudah menjadi lebih kuat. Tetapi berat badan janin hanya mencapai 700 gram atau sekitar 20% berat pada waktu di lahirkan, karena disebabkan belum terbentuknya jaringan lemak terbawah kulit. Dan panjang janin telah menjadi 70% dari panjang ketika dilahirkan nanti.

 

Proses Kehamilan Pada Trimester Ketiga (Bulan ke 7-9).

Pada trimester ini juga disebut dengan masa janin lanjut. Jaringan lemak terbawah kulit akan tumbuh sehingga janin akan mengalami penambahan massa yang sangat pesat. Berat badan janin akan mengalami peningkatan +/- 200 gram per minggu hingga pada pertengahan masa ini. Jadi, saat dilahirkan nanti berat badan janin dapat mencapai 3000-3500 gram.

 

Referensi:

  1. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam Edisi ke-4 Jilid 1, Jakarta: balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. 2007.

Reply