Syarat Masuk Sekolah Perawat di Indonesia

Dear Sejawat se-tanah air, sekolah perawat adalah salah satu jurusan kesehatan yang lumayan popular di Indonesia untuk saat ini. Meskipun tak jarang yang mengeluh ternyata sekolah perawat itu susah, jam kuliahnya full seperti anak SMA, dll. Baik sekolah tinggi ilmu kesehatan (STIKES), Politeknik kesehatan (Poltekkes) atau Akademi jurusan keperawatan (AKPER) syarat untuk menjadi calon mahasiswa keperawatan tidaklah jauh berbeda. Nah, bagi kalian yang penasaran dan ingin menjadi perawat maka simaklah informasi berikut ini.

patah tulang

Ilustrasi perawat © Bayu S

Menurut UU RI. No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan, dikutip Bee’s Blog, perawat adalah mereka yang memiliki kemampuan dan kewenangan melakukan tindakan keperawatan berdasarkan ilmu yang dimiliki diperoleh melalui Pendidikan keperawatan. Jadi, setelah kalian lulus menempuh Pendidikan keperawtan baik D3, S1 ataupun S2 maka tugas dan tanggung jawab kalian akan semakin berat.

 

Syarat Masuk Sekolah Perawat

Syarat umum masuk sekolah perawat adalah:

  • .Warna Negara Indonesia (WNI).
  • Tinggi badan (Laki-laki minimal 155 cm, Wanita minimal 150 mm).
  • Lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat (Di utamakan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam/IPA).
  • Tidak buta warna.
  • Tidak cacat fisik.
  • Berbadan sehat baik jasmani maupun rohani.
  • Bebas nark0ba.

Selain persyaratan diatas, terdapat beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi seperti biaya administrasi pendaftaran, cek up kesehatan, psikotes, dll.

Note. Hampir seluruh sekolah perawat dapat melakukan pendaftaran secara online.

Bagi yang ingin menjadi perawat, semoga cita-citanya terkabulkan.

Cukup sekian corat-coretan dari kami tentang syarat masuk sekolah perawat. Bila artikel ini bermanfaat maka like dan bagikan ke teman, keluarga, atau saudaramu…

Terima kasih. Salam, dari Tim Perawatan Kesehatan

 

Artikel terkait:

Syarat Menjadi Perawat

Reply